Perempat Final Piala Dunia 2006: Saat Lampard, Gerrard, dan Carragher Gagal Penalti

Serafin Unus Pasi | 29 September 2022, 20:10
Aksi Ricardo menepis penalti Frank Lampard di Piala Dunia 2006 (c) FIFA
Aksi Ricardo menepis penalti Frank Lampard di Piala Dunia 2006 (c) FIFA

Bola.net - Timnas Inggris gagal melangkah lebih jauh pada Piala Dunia 2006. Bermain di Veltins-Arena, The Three Lions harus menerima kenyataan pahit usai kalah via adu penalti 1-3 dari Portugal di babak 8 besar. Adu tos-tosan harus dilakukan setelah kedua tim bermain 0-0 selama 120 menit.

Berbekal skuat 'Generasi Emas' yang bercokol nama-nama seperti John Terry, Rio Ferdinand, Steven Gerrard, David Beckham, Frank Lampard, Michael Owen, hingga Wayne Rooney, nyatanya tak membuat Inggris tampil begitu sporadis. Bahkan sejak menit 62, Inggris harus bermain dengan 10 pemain setelah Wayne Rooney dikartu merah oleh wasit.

Bermain dengan 10 orang, timnas Inggris mampu memaksakan laga hingga ke babak perpanjangan waktu. Di babak tersebut, kedua tim mampu menyuguhkan saling serang dan bergantian memiliki sejumlah peluang.

Setelah 120 menit, pemenang pertandingan ini pun harus ditentukan lewat adu penalti. Sayangnya, tiga algojo Inggris yakni Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Jamie Carragher gagal melaksanakan tugasnya dengan baik.

1 dari 2 halaman

Drama Adu Penalti

Pada momen krusial ini, hanya Owen Hargreaves yang mampu menaklukkan kiper Portugal yaitu Ricardo yang pada laga kali ini tampil gemilang. Ricardo berhasil menggagalkan tiga dari empat tendangan penalti yang mengarah ke gawangnya.

Sementara tiga eksekutor penalti yang ditaklukkan Ricardo adalah Lampard, Gerrard dan Jamie Carragher. Dari kubu Portugal, Hugo Viana dan Armando Petit gagal menjalankan tugasnya.

Beruntungnya, tiga eksekutor Selecao mampu menjalankan tugasnya dengan baik sehingga mereka mampu mengakhiri perlawanan timnas Inggris.

2 dari 2 halaman

Rooney Diusir dari Lapangan

Sebuah insiden terjadi di menit ke-62 saat Wayne Rooney duel dengan bek Portugal Ricardo Carvalho. Kedua pemain tersebut terlibat perebutan bola di tengah lapangan yang berujung Carvalho terjatuh.

Akan tetapi, Cristiano Ronaldo kemudian menjadi sorotan setelah ikut 'memanasi' wasit ketika hendak mengambil keputusan atas insiden tersebut. Melihat gestur Ronaldo tersebut, Rooney pun tidak terima dan sempat mendorong sang bintang.

Akhirnya, wasit memberikan kartu merah kepada Rooney. Dan amarah Rooney makin tersulut, setelah melihat Ronaldo mengedipkan mata ke bench Portugal usai dirinya diusir dari lapangan.

Berkat insiden tersebut, kedua pemain pun santer dirumorkan terlibat perang dingin setelah kembali ke Manchester United.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR