Pengorbanan Ronald Araujo, Selamat Tinggal Piala Dunia 2022

Abdi Rafi Akmal | 27 September 2022, 09:57
Ronald Araujo saat membela Uruguay melawan Chile di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Stadion San Carlos de Apoquindo, Selasa (29/03/2022). (c) EFE via AP Photo
Ronald Araujo saat membela Uruguay melawan Chile di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Stadion San Carlos de Apoquindo, Selasa (29/03/2022). (c) EFE via AP Photo

Bola.net - Ronald Araujo mengambil keputusan besar dengan memilih tindakan operasi terhadap cedera yang dideritanya. Implikasinya, pemain timnas Uruguay ini akan mengorbankan kesempatannya untuk tampil pertama kali di Piala Dunia.

Araujo mendapatkan cederanya saat membela Uruguay di laga FIFA Matchday melawan Iran, Jumat (23/9/2022) WIB. Pemain berusia 23 tahun ini menderita avulsi atau otot yang robek dan lepas dari tulang.

Selepas cedera tersebut, Araujo langsung dipulangkan ke Barcelona untuk mengecek seberapa parah kondisinya. Hasilnya pun ternyata parah. Di titik ini, Araujo bisa ambil keputusan antara tindakan operasi atau konservatif.

Demi penyembuhan total, Araujo akhirnya memberikan konfirmasi bahwa ia mengambil tindakan operasi. Dengan begitu, ia harus menepi selama hampir tiga bulan dan akan melewatkan Piala Dunia 2022 di Qatar.

1 dari 4 halaman

Rumor yang Beredar

Pemain Barcelona, Ronald Araujo (kiri) dan Marc-Andre Ter Stegen. (c) AP Photo

Pemain Barcelona, Ronald Araujo (kiri) dan Marc-Andre Ter Stegen. (c) AP Photo

Sebelum Araujo mengambil keputusan besar ini, ada rumor yang beredar bahwa Uruguay melarangnya mengambil tindakan operasi. Uruguay sangat memerlukan tenaga sang pemain di jantung pertahanan.

Walaupun masih banyak pelapis yang tersedia di lini belakang Uruguay, Araujo tidak bisa dipungkiri telah menjadi bagian penting dalam sistem permainan Diego Alonso.

Kehilangan Araujo akan menjadi kerugian besar bagi Uruguay di Piala Dunia 2022. Kualitas seperti dirinya akan sulit dicari dalam waktu yang singkat, tanpa ada kesempatan melakukan uji coba lagi.

2 dari 4 halaman

Berikan Bantahan

Araujo segera buka suara terhadap rumor yang beredar. Melalui akun Twitter pribadinya, ia membantah bahwa pengambilan tindakan operasi ini bermaksud menomorsatukan Barcelona daripada Uruguay.

“Saya ingin memberikan penjelasan di sini, tentang keputusan yang saya ambil, demi menghindari spekulasi yang beredar. Saya cinta negara saya dan saya cinta klub saya,” ujarnya dalam bahasa Spanyol.

“Setelah melalui konsultasi dengan sejumlah pakar dan profesional, kami memutuskan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah intervensi berupa operasi.”

“Ini bukan soal mementingkan satu tim daripada yang lainnya, tetapi soal kesehatan saya untuk segera kembali ke kondisi seratus persen secepat mungkin.”

“Secara personal, dalam masa yang sulit ini, saya ingin berterima kasih atas semua dukungan yang saya terima. Dengan keyakinan dan kerja keras, saya akan melakukan yang terbaik untuk bisa kembali secepatnya.”

3 dari 4 halaman

Waktu Operasi

Araujo dijadwalkan akan segera terbang ke Finlandia untuk menjalani operasi. Dalam laporan Mundo Deportivo, ia akan memulai operasinya pada hari Rabu (28/9/2022) waktu setempat.

Tidak hanya Uruguay yang sebenarnya kehilangan, Barcelona juga pasti kehilangan. Araujo sudah terintegrasi ke sistem permainan milik Xavi Hernandez dan jadi bagian proyek jangka panjang tim.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR