Peluang Terjadinya Derbi Britania di Piala Dunia 2022

Asad Arifin | 2 April 2022, 11:25
Timnas Inggris saat mengalahkan Ukraina di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo
Timnas Inggris saat mengalahkan Ukraina di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate menyinggung potensi terjadinya laga Derbi Britania di Piala Dunia 2022. Sebab, ada peluang terjadinya duel antara Inggris dan Wales pada di Grup B Piala Dunia 2022 Qatar.

Inggris telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Harry Kane dan kolega tidak mendapat kendala yang cukup berarti pada kualifikasi dan bisa melaju dengan mulus.

Drawing fase grup Piala Dunia 2022 digelar pada Jumat (1/4/2022) malam WIB di Qatar. Hasilnya, Inggris berada di Grup B bersama Iran dan Amerika Serikat. Satu tim lagi yang berada di Grup B belum ditentukan.

Satu tim peserta Grup B akan diambil dari babak play-off zona Eropa. Wales jadi satu dari tiga kandidat tim yang akan berada di Grup B Piala Dunia 2022. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Menanti Derbi Britania

Winger Wales, Gareth Bale (c) AP Photo

Winger Wales, Gareth Bale (c) AP Photo

Wales menang dengan skor 2-1 atas Austria pada babak play-off zona Eropa. Gareth Bale mencetak brace alias dua gol. Untuk bisa melaju ke Piala Dunia 2022, Wales harus mengalahkan pemenang antara duel Ukraina melawan Skotlandia.

Laga Skotlandia vs Ukraina belum bisa digelar dalam waktu dekat. Ukraina tidak mungkin menyiapkan tim untuk berlaga karena sedang dilanda perang.

"Amerika Serikat dan Iran adalah tim yang sudah lama tidak kami hadapi dan yang ketiga adalah tim yang tidak diketahui tetapi kemungkinan akan menjadi Derbi Britania," ucap Southgate dikutip dari BBC Sport.

"Kami harus lolos dari fase grup. Target pertama adalah lolos dari grup dan kemudian kami membangun dari sana. Dalam situasi ini, semua pikiran kami bersama rakyat Ukraina, jadi ketika laga itu dimainkan, sungguh tidak relevan," imbuh Southgate.

2 dari 2 halaman

Inggris Unggulan di Grup B?

Jika melihat materi pemain Amerika Serikat dan Iran, Inggris di atas kertas adalah unggulan di Grup B. Materi pemain Inggris masih unggul dibanding dua lawannya. Tapi, Southgate tidak ingin memandang lawannya dengan sebelah mata.

"Ketika Anda diunggulkan, Anda mendapat keuntungan karena kehilangan enam atau tujuh tim besar itu. Sebagian besar unggulan pertama akan senang dengan grup yang mereka dapatkan," kata Southgate.

"Ada beberapa tim berperingkat tinggi di pot dua. Amerika Serikat adalah tim yang menarik. Mereka memiliki beberapa pemain yang sangat bagus dan kami tahu apa yang bisa mereka lakukan, sehingga yang satu ini sangat menarik," tegas Southgate.

Sumber: BBC Sport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR