Pelatih Timnas Belanda Kritik Piala Dunia 2022 Digelar di Qatar: Konyol dan Omong Kosong!

Asad Arifin | 22 Maret 2022, 10:04
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal (c) AP Photo
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, mengkritik keras keputusan FIFA yang menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar. Pria berusia 70 tahun itu merasa alasan yang diajukan FIFA sebagai hal konyol dan omong kosong.

Louis van Gaal sukses membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Belanda menjadi satu dari 15 negara yang saat ini dipastikan berlaga di Qatar.

Piala Dunia 2022 di Qatar sejak awal menuai banyak kritik. Ada isu tentang Hak Asasi Manusia (HAM) hingga waktu penyelenggaraan Piala Dunia yang digelar berbeda dengan sebelumnya. Piala Dunia 2022 digelar di akhir tahun.

Biasanya, Piala Dunia di gelar pada periode Juli hingga awal Agustus saat kompetisi reguler usai. Nah, Piala Dunia 2022 akan dimainkan bahkan saat kompetisi reguler di banyak negara belum masuk paruh musim.

Simak komentar Louis van Gaal selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Omong Kosong!

Selebrasi Memphis Depay usai membobol gawang Montenegro, Minggu (14/11/2021) (c) Ons Oranje Official

Selebrasi Memphis Depay usai membobol gawang Montenegro, Minggu (14/11/2021) (c) Ons Oranje Official

Louis van Gaal memang sukses membawa Timnas Belanda lolos ke Piala Dunia 2022. Tapi, bukan berarti eks manajer Manchester United itu berhenti bersikap kritis. Louis van Gaal memberi komentar yang pedas tentang penunjukan Qatar sebagai tuan rumah.

"Saya sudah bilang dalam konferensi pers sebelumnya. Saya pikir itu konyol bahwa Piala Dunia ada di Qatar," ucap Louis van Gaal dikutip dari Metro.

"Kami bermain di negara yang menurut FIFA ingin mengembangkan sepak bola. Itu omong kosong, tapi itu tidak masalah. Ini tentang uang, tentang kepentingan komersial."

"Itu penting bagi FIFA. Menurut Anda mengapa saya tidak berada di komite mana pun di FIFA atau UEFA dengan keahlian saya? Karena saya selalu menentang organisasi semacam ini. Saya bakal bicara begitu di Qatar nanti, tetapi itu tidak akan membantu dunia menyingkirkan masalah ini," tegas Louis van Gaal.

2 dari 3 halaman

Kritik dari Toni Kroos

Toni Kroos bermain untuk Jerman di Euro 2020 (c) AP Photo

Toni Kroos bermain untuk Jerman di Euro 2020 (c) AP Photo

Jauh sebelum Louis van Gaal, Toni Kroos telah membuat pernyataan keras tentang Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Kroos mengangkat isu tentang kondisi pekerja migran yang terlibat dalam pembangunan venue Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Saya pikir membawa Piala Dunia 2022 ke Qatar adalah hal yang salah," ucap Toni Kroos.

"Pekerja imigran mengalami hari-hari tanpa istirahat dengan suhu yang teriknya mencapai 50 derajat, mereka menderita kekurangan nutrisi, tanpa air minum, dan pada suhu yang gila. Semua poin-poin ini benar-benar tidak dapat diterima," ucap Kroos.

3 dari 3 halaman

Daftar Negara Sudah Lolos Piala Dunia 2022

  1. Qatar (tuan rumah)
  2. Jerman
  3. Denmark
  4. Brasil
  5. Belgia
  6. Prancis
  7. Kroasia
  8. Spanyol
  9. Serbia
  10. Swiss
  11. Inggris
  12. Belanda
  13. Argentina
  14. Iran
  15. Korea Selatan

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR