Pelatih Ghana Bela Andre Ayew Setelah Gagal Eksekusi Penalti saat Kalah Dari Uruguay

Serafin Unus Pasi | 3 Desember 2022, 07:02
Pelatih Ghana Bela Andre Ayew Setelah Gagal Eksekusi Penalti saat Kalah Dari Uruguay
Momen saat gelandang Uruguay, Giorgian De Arrascaeta, menjebol gawang Ghana untuk kedua kalinya di matchday 3 Grup H Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Jumat (02/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Darko Vojinovic

Bola.net - Timnas Ghana gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Uruguay pada Jumat (2/12/2022). Banyak yang merasa kegagalan Ghana disebabkan Andre Ayew yang gagal eksekusi penalti.

Sebelumnya, Ghana memiliki kesempatan untuk unggul lebih dulu atas Uruguay melalui titik putih pada menit 21. Namun sayangnya eksekusi yang dilakukan Andre Ayew gagal membuahkan gol perdana di laga tersebut.

Namun pelatih Ghana, Otto Addo menolak untuk menyalahkan Andre dan justru membela sang kapten Ghana tersebut. “Tidak ada satu pemain pun yang tidak melewatkan penalti, kiper mereka (Uruguay) sangat bagus hari ini,” terang Otto dikutip dari Fotmob.

Otto juga merasa permainan timnya cukup memuaskan meskipun harus kebobolan dua kali. Otto juga optimistis timnas Ghana mampu bangkit di masa depan dengan skuad muda yang dimiliki.

"Kami memiliki banyak peluang, tetapi harus melakukan pertahanan yang lebih baik. Mengizinkan dua peluang melawan striker kelas dunia adalah dua hal yang terlalu berlebihan. Kami memiliki skuad muda, harus belajar, (saya) yakin itu (pemain muda) memiliki masa depan yang cerah,” tambah Otto.

1 dari 2 halaman

Kesalahan Membentuk Pengalaman

Duel perebutan bola antara penyerang Ghana, Andre Ayew menghadapi bek tengah Portugal, Danilo Pereira pada laga pertama Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Darko Bandic

Duel perebutan bola antara penyerang Ghana, Andre Ayew menghadapi bek tengah Portugal, Danilo Pereira pada laga pertama Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Darko Bandic

Kegagalan Andre Ayew mencetak gol dari titik putih tentu saja menjadi salah satu penyebab kekalahan Ghana. Andai Ayew mampu mencetak gol, Ghana mungkin saja tidak akan kalah oleh Uruguay.

Namun Otto menegaskan bahwa hal tersebut bukan faktor utama. Otto merasa bahwa kesalahan dalam mengeksekusi penalti itu wajar dilakukan. Bahkan di penyisihan grup nama bintang seperti Lionel Messi dan Robert Lewandowski juga gagal mencetak gol dari titik putih.

"Kami harus percaya pada diri kami sendiri. Para pemain terhebat itu hebat karena mereka memiliki pengalaman. Itu berasal dari melakukan kesalahan. Mereka harus mengerjakan semua hal ini. Mereka akan tumbuh dari pengalaman ini dan akan melakukan yang lebih baik di lain waktu," Ujar Otto.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

2 dari 2 halaman

Klasemen Grup H Piala Dunia 2022

Sumber: Fotmob

Penulis: Ahmad Daerobby

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR