Michael Owen, Si Bocah Ajaib Inggris di Piala Dunia 1998

Asad Arifin | 12 Agustus 2022, 13:10
Michael Owen di Piala Dunia 1998 (c) AFP
Michael Owen di Piala Dunia 1998 (c) AFP

Bola.net - Michael Owen memberi harapan besar bagi Timnas Inggris pada Piala Dunia 1998. Michael Owen muncul sebagai penyerang muda berbakat yang seolah bakal membawa kejayaan bagi Inggris.

Piala Dunia 1998 merupakan debut Piala Dunia bagi Michael Owen. Namanya benar-benar segar di kalangan fans Inggris. Bahkan Owen juga baru memulai debut bersama Timnas Inggris empat bulan sebelum Piala Dunia digelar.

Bermain sebagai striker, Owen awalnya disiapkan sebagai pelapis dari Alan Shearer dan Teddy Sheringham. Namun, sejak awal Owen juga diharapkan akan bersinar di bawah asuhan pelatih Glenn Hoddle.

Benar saja, harapan itu mampu dijawab Owen pada debut Piala Dunianya. Owen tampil impresif dengan mencetak dua gol dan satu assist selama Piala Dunia 1998 bergulir.

1 dari 2 halaman

Masih 17 tahun

Owen merupakan salah satu pemain yang menjalani debut Piala Dunia dengan usia termuda. Pemain muda lainnya yang menjalani debut bersama Owen yakni Rio Ferdinand yang berusia 18 tahun.

Meskipun baru 17 tahun, Owen berhasil menyihir penonton dengan permainan atraktifnya. Owen berhasil mencetak gol pertamanya saat pertandingan kedua babak Penyisihan Grup.

Saat itu Owen yang menggantikan Teddy Sheringham di menit 73, langsung mencetak gol enam menit berselang. Memanfaatkan bola pantulan dari Paul Scholes, Owen yang lincah berhasil menyergap bola dengan kaki kanannya.

2 dari 2 halaman

Impresif Lawan Argentina

Tergabung dalam Grup G, Inggris bersaing dengan Rumania, Kolombia, dan Tunisia. Klasemen akhir Grup G menempatkan Inggris di posisi kedua dibawah Rumania.

Di Babak 16 besar, Inggris bertemu dengan juara Grup H, Argentina. Owen yang tampil impresif sebagai supersub, kali ini diberikan kesempatan untuk menjadi starter.

Owen yang berduet dengan Alan Shearer mampu mencetak satu gol dan satu assist pada pertandingan itu. Namun Argentina yang bermain sama kuat memaksa pertandingan berakhir dengan drama adu penalti.

Owen yang masih belia kembali mendapatkan kesempatan sebagai eksekutor penalti. Tendangannya berhasil memperpanjang nafas Inggris menjadi skor 5-5.

Namun petaka bagi Inggris terjadi ketika tendangan David Batty berhasil diselamatkan kiper Argentina. Skor penalti 6-5 akhirnya menjadikan Argentina sebagai pemenang. Owen yang tampil cemerlang tak bisa menyelamatkan Inggris dari kekalahan.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR