Mengenang Sundulan Rocket Gabriel Heinze yang Getarkan Gawang Nigeria pada Piala Dunia 2010

Asad Arifin | 16 Agustus 2022, 15:23
Gabriel Heinze (c) AFP
Gabriel Heinze (c) AFP

Bola.net - Diego Maradona harus berterima kasih pada bek kiri andalannya, Gabriel Heinze. Heinze keluar sebagai pahlawan saat Argentina berhasil menang atas Nigeria di babak Penyisihan Grup B Piala Dunia 2010.

Saat itu Argentina menang dengan skor tipis 1-0. Gol tandukan Heinze menjadi satu-satunya gol di laga ini. Mantan bek kiri Real Madrid tersebut berhasil menyelamatkan Argentina dari kebuntuan.

Gol Heinze sangat penting bagi Argentina kala itu. Selain sebagai gol kemenangan, gol heize juga memompa semangat para pemain timnas Argentina di Piala Dunia 2010.

Argentina sendiri keluar sebagai juara Grup B di akhir babak Penyisihan Grup. Menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan, Argentina mencatatkan Sembilan poin dengan tujuh gol dan satu kebobolan.

1 dari 2 halaman

Sundulan Rocket Heinze

Gol Heinze dicetak melalui kepalanya pada saat melawan Nigeria. Gol itu memanfaatkan sepak pojok yang dilakukan oleh Juan Sebastian Veron di menit lima babak pertama.

Veron yang punya akurasi tendangan sangat baik, berhasil melihat pergerakan Heinze yang tanpa pengawalan. Heinze yang merangkak masuk menanduk bola yang tidak begitu tinggi ke pojok kanan gawang Nigeria.

Sundulan rocket Heinze sempat ingin dihalau oleh bek Nigeria Chidi Odiah. Namun kencangnya laju bola tak dapat dibendung Odiah hingga bola tetap masuk ke gawang Nigeria.

2 dari 2 halaman

Gol Perdana Argentina di Piala Dunia 2010

Gol sundulan Heinze juga merupakan gol pembuka Argentina di Piala Dunia 2010. Pasalnya, laga melawan Nigeria merupakan laga awal Argentina di babak Penyisihan Grup B.

Gol itu mengawali rentetan gol Argentina yang tampil cukup baik di Piala Dunia 2010. Meski tidak melangkah jauh, Argentina menjadi tim yang paling produktif di Piala Dunia 2010 di fase grup.

Mereka mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan satu gol selama di babak Penyisihan Grup B. Argentina juga mencetak tiga gol tambahan saat melibas Meksiko 3-1 di babak 16 Besar.

Namun tim asuhan Diego Maradona ini harus puas hanya sampai babak Perempat Final. Mereka harus mengakui kekalahan setelah dijungkalkan Jerman 4-0 tanpa balas di Perempat Final.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR