Mengenang Oleg Salenko, Bomber Tajam Rusia di Piala Dunia 1994

Serafin Unus Pasi | 16 September 2022, 17:50
Aksi Oleg Salenko di Piala Dunia 1994 (c) FIFA
Aksi Oleg Salenko di Piala Dunia 1994 (c) FIFA

Bola.net - Timnas Rusia memang tak pernah menjuarai Piala Dunia sepanjang sejarah keikutsertaannya. Namun pemain timnas Rusia, Oleg Salenko pernah menjadi top skor pada Piala Dunia 1994.

Prestasi Rusia di Piala Dunia memang biasa-biasa saja. Dari empat kali mengikuti ajang Piala Dunia, mereka hanya sekali saja lolos dari Fase Grup.

Begitu pula yang terjadi di Piala Dunia 1994. Saat itu Rusia hanya bercokol di posisi tiga akhir klasemen Grup B dengan koleksi tiga poin.

Rusia juga hanya satu kali menang saat melawan Kamerun di laga kedua Grup B. Namun satu kemenangan itu sangat berarti bagi bomber tajam Rusia, Oleg Salenko.

1 dari 3 halaman

Salenko Cetak Lima Gol Melawan Kamerun

Kekalahan oleh Brasil dan Swedia membuat ekspektasi penonton menurun terhadap Rusia. Terlebih mereka akan menghadapi kuda hitam Kamerun yang berhasil menahan imbang Swedia.

Namun keraguan itu dibayar tuntas oleh timnas Rusia. Mereka mampu menang telak atas Kamerun dengan skor 6-1 di laga akhir Grup B.

Enam gol Rusia ke gawang Kamerun memang cukup mengejutkan. Namun juru gedor Rusia, Oleg Salenko lebih menarik perhatian.

Salenko kala itu menyumbang lima dari enam gol Rusia ke gawang Kamerun. Lima gol tersebut langsung mengantarkan Salenko memimpin daftar top skor Piala Dunia 1994 dengan torehan enam gol.

2 dari 3 halaman

Gagal Lolos Fase Grup

Rusia mengawali Piala Dunia 1994 dengan kurang baik. Di laga perdana Grup B mereka harus bertemu tim unggulan juara, Brasil. Kala itu Rusia harus takluk dua gol tanpa balas oleh Brasil.

Di laga kedua, Rusia harus kembali menelan kekalahan oleh Swedia dengan skor 3-1. Kekalahan ini memastikan langkah Rusia terbenam di Piala Dunia 1994.

Laga akhir melawan Kamerun hanya jadi penghibur Rusia saja. Pasalnya, apapun hasil yang didapatkan tak merubah status Rusia yang gugur di Piala Dunia 1994.

Namun laga ini justru menjadi ajang untuk Oleg Salenko bersinar. Salenko secara mengejutkan mencetak lima gol ke gawang Kamerun.

Laga melawan Kamerun setidaknya bisa menjadi penghibur untuk kegagalan Rusia di Piala Dunia 1994. Walaupun gagal membawa Rusia lolos, Salenko setidaknya mengharumkan nama timnas Rusia dengan menjadi top skor Piala Dunia 1994.

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Dilewati

Perolehan gol Oleg Salenko tak mampu dilewati striker lain selama Piala Dunia 1994. Padahal Salenko hanya mencetak gol di dua laga Rusia saja.

Hanya penyerang sayap Bulgaria saja, Hristo Stoichkov yang mampu mengimbangi enam gol Salenko. Saat itu Salenko mencetak enam dari tujuh gol Rusia sementara Stoichkov mencetak enam dari 10 gol Bulgaria.

Salenko bahkan tak mampu dilewati oleh beberapa penyerang top Eropa saat itu. Romario, Roberto Baggio hingga Jurgen Klinsmann hanya mampu mencetak lima gol di Piala Dunia 1994.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR