Mengenang Kiprah Diego Maradona Sebagai Pelatih Argentina di Piala Dunia 2010

Asad Arifin | 9 Agustus 2022, 14:58
Diego Maradona (c) Independent
Diego Maradona (c) Independent

Bola.net - Siapa yang tidak mengenal Diego Maradona?. Pemain legendaris asal Argentina ini memiliki segudang prestasi dan sensasi di dunia sepak bola.

Gelandang serang yang terkenal dengan gol tangan tuhan ini merupakan salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Sukses sebagai pemain membuat banyak orang tak menyangka Maradona juga berkarier sebagai pelatih.

Namun karier kepelatihan Maradona tidak sesukses kariernya sebagai pemain. Meskipun begitu Maradona pernah melatih timnas Argentina saat bertanding di Piala Dunia 2010.

Walaupun Maradona kurang sukses di level klub, ketika menangani timnas Argentina Maradona tampil cukup baik sepanjang Piala Dunia 2010. Bagaimana kisahnya ? berikut ulasannya.

1 dari 2 halaman

Sukses di Fase Grup

Banyak dihuni pemain bintang, Argentina menjadi salah satu tim unggulan Piala Dunia 2010. Memasang Maradona yang punya banyak pengalaman Piala Dunia sebagai juga menjadi nilai tambah bagi timnas Argentina.

Hal ini terbukti dengan sembilan poin Argentina di babak penyisihan Grup B. saat itu Argentina tergabung dengan Yunani, Korea Selatan dan Nigeria.

Argentina total melesakkan tujuh gol dan hanya kemasukan satu gol. Mereka menjadi tim yang paling produktif di babak penyisihan grup bersama dengan Portugal. Gonzalo Higuain dan Carlos Tevez jadi mesin gol bagi La Celeste.

2 dari 2 halaman

Membantai Meksiko, Dibantai Jerman

Diego Maradona memberikan instruksi kepada Lionel Messi kala enjabat sebagai pelatih Argentina. (c) AP Photo

Diego Maradona memberikan instruksi kepada Lionel Messi kala enjabat sebagai pelatih Argentina. (c) AP Photo

Berstatus sebagai juara Grup B membuat Argentina melawan Meksiko sebagai runner up Grup A. pertandingan yang dihelat di FNB Stadium itu berhasil dimenangkan Argentina.

Argentina yang mendominasi sejak menit awal berhasil unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Carlos Tevez dan Gonzalo Higuain. Di Babak kedua Tevez kembali mencetak gol untuk menambah keunggulan menjadi 3-0. Meksiko hanya berhasil membalas satu gol lewat Chicharito.

Menang 3-1 atas Meksiko membuat Argentina berhak menantang Jerman di babak Delapan Besar. Namun sayang, skuat asuhan Maradona harus dibantai skuat emas Jerman dengan skor 4-0.

Miroslav Klose menyumbang dua gol sementara dua lainnya dicetak Thomas Muller dan Arne Friedrich. Kekalahan atas Jerman juga membangkitkan memori Maradona yang pernah digagalkan Jerman di Final Piala Dunia 1990 di Italia.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR