Mengenang Ketajaman Christian Vieri di Piala Dunia 1998

Serafin Unus Pasi | 20 September 2022, 17:20
Mengenang Ketajaman Christian Vieri di Piala Dunia 1998
Aksi Christian Vieri bersama Timnas Italia (c) FIFA

Bola.net - Timnas Italia sangat beruntung memiliki sosok Christian Vieri di skuatnya. Vieri yang bermain sebagai juru gedor mampu tampil tajam di Piala Dunia 1998.

Ketajaman Vieri di lini serang beberapa kali menjadi penentu langkah Italia di Prancis. Bersama Vieri, Italia mampu melangkah hingga babak Perempat Final Piala Dunia 1998.

Saat itu Italia harus menyerah dari sang tuan rumah, Prancis. Italia harus mengakui keunggulan Prancis yang tampil lebih konsisten di Piala Dunia 1998.

Namun kekalahan di babak Perempat Final itu cukup menyakitkan bagi Italia dan Vieri. Pasalnya Prancis menang melalui skema adu penalti setelah bermain tanpa gol 120 menit.

1 dari 3 halaman

Cetak Empat Gol: Vieri Top Skor Fase Grup

Christian Vieri tampil menonjol sejak Fase Grup Piala Dunia 1998. Vieri mampu mencetak empat gol dari tiga laga Italia.

Saat itu Italia tergabung dalam Grup B bersama Chile, Austria, dan Kamerun. Vieri saat itu mencetak empat dari enam gol selama Fase Grup B.

Raihan empat gol Vieri menjadikannya top skor di Fase Grup Piala Dunia 1998 bersama ujung tombak Argentina, Gabriel Batistuta.

2 dari 3 halaman

Vieri Gagal Cetak Gol: Italia Tersingkir!

Christian Vieri menjadi pemain yang memiliki kontribusi signifikan bagi timnas Italia di Piala Dunia 1998. Bagaimana tidak, Vieri mencetak lima dari total delapan gol Italia di Piala Dunia 1998.

Vieri tak pernah absen dalam mencetak gol di Fase Grup B. Vieri mampu melesakkan satu gol melawan Chili, dua gol melawan Kamerun, dan satu gol melawan Austria.

Vieri bahkan menjadi pahlawan kemenangan Italia di babak 16 besar. Gol tunggalnya ke gawang Norwegia berhasil membawa Italia lolos ke Perempat Final Piala Dunia 1998.

Namun ketajaman Vieri akhirnya usai setelah bertemu Prancis. Vieri yang bermain penuh tak mampu mencetak satu gol pun ke gawang Prancis yang dikawal Fabien Barthez.

Vieri yang tak mencetak gol akhirnya membawa Italia ke jurang kekalahan. Bermain tanpa gol hingga babak perpanjangan waktu, Italia akhirnya tersingkir melalui drama adu penalti.

3 dari 3 halaman

Disalip Davor Suker

Italia yang gagal lolos ke Semifinal akhirnya harus mengakhiri perjalanannya di Piala Dunia 1998. Ini juga berarti torehan gol Vieri berhenti di lima gol.

Saat itu Vieri masih bersanding dengan Gabriel Batistuta dan Davor Suker yang sama-sama mengoleksi lima gol. Namun diantara ketiga pemain ini, hanya Davor Suker saja yang punya potensi mencetak gol kembali.

Italia dan Argentina secara dramatis dikalahkan di babak Perempat Final sementara Kroasia mampu lolos ke Semifinal. Kroasia yang bertemu Prancis di Semifinal akhirnya tersingkir dari Piala Dunia 1998 setelah kalah tipis 2-1.

Walaupun kalah, Kroasia sedikit berbangga dengan Davor Suker yang mampu menjadi top skor Piala Dunia 1998. Satu golnya ke gawang Prancis di Semifinal akhirnya menenggelamkan nama Christian Vieri.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR