BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengenang Insiden Gary Lineker Pup di Celana, Kok Bisa?

12-06-2020 14:01 | Yaumil Azis

Mantan pemain Timnas Inggris, Gary Lineker. (c) AFP Mantan pemain Timnas Inggris, Gary Lineker. (c) AFP

Bola.net - Ada satu momen memalukan yang pernah terjadi dalam sejarah sepak bola. Pemain Timnas Inggris, Gary Lineker, tanpa sengaja pup di lapangan kala menjalani laga Piala Dunia tahun 1990.

Lineker sendiri tidak malu untuk mengakuinya kepada publik. Pria berusia 59 tahun tersebut pernah menegaskan hal itu melalui media sosial Twitter miliknya.

"Ya, saya tahu... saya pup di lapangan," tulisnya pada tahun 2014 silam.

Kenangan ini membekas di benak penggemar sepak bola pada era 90-an. Bahkan rekam jejaknya bermain di klub raksasa seperti Barcelona dan Tottenham jadi terlupakan akibat insiden tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Lineker Pup di Lapangan

Momen ini terjadi saat Lineker sedang memperkuat Timnas Inggris melawan Republik Irlandia di pentas Piala Dunia 1990. Pertandingan digelar di Stadio Sant Elia dan berakhir dengan kedudukan imbang 1-1

Lineker menjadi pencetak gol dalam pertandingan tersebut, tepat saat permainan baru berlangsung selama 10 menit. Itu adalah gol pertama dari empat yang ia cetak di sepanjang kompetisi bergengsi tersebut.

Sialnya, kondisinya sedang tidak baik pada saat itu. Lineker kemudian menjelaskan kejadiannya secara mendetail saat berbincang dengan BBC Radio 5 Live.

"Saya sedang merasa tidak baik; saya tampil dengan buruk di babak pertama namun terus melanjutkan permainan. Bola bergulir ke sisi kiri saya. Saya mencoba untuk menjegal seseorang."

2 dari 2 halaman

Pengalaman Paling Buruk Lineker

Mulai dari poin ini, penuturan Lineker jadi terasa sedikit menjijikkan. Anda disarankan untuk tidak melanjutkan membaca kisahnya sampai selesai menyantap hidangan di depan anda.

"Saya merenggangkan badan kemudian bersantai. Saya sangat beruntung malam itu sedang hujan dan saya bisa melakukan sesuatu. Sungguh berantakan, tiba-tiba keluar, dan terjadi. Seberapa detail yang anda inginkan?" lanjut Lineker.

"Anda bisa melihat saya menggosokkan diri di tanah seperti anjing."

"Sungguh pengalaman yang paling buruk dalam hidup saya, namun saya tidak pernah mendapatkan ruang sebesar itu dalam sebuah pertandingan pada malam setelah insiden itu," tandasnya.

Entah sang pelatih tidak peka atau bagaimana, Lineker tetap dimainkan sampai menit ke-83. Ia kemudian ditarik keluar untuk digantikan oleh legenda Wolverhampton, Steve Bull.

(Goal International)

KOMENTAR