Mengenang Hattrick Cristiano Ronaldo ke Gawang David de Gea di Piala Dunia 2018

Serafin Unus Pasi | 27 Juli 2022, 17:50
Cristiano Ronaldo (c) AFP
Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Pertandingan Piala Dunia 2018 Grup B antara Portugal vs Spanyol yang digelar di Fisht Stadium, Rusia berakhir dengan skor sama kuat 3-3. Hattrick Cristiano Ronaldo sukses menyelamatkan Selecao dari kekalahan.

Pertandingan antara Portugal dan Spanyol dipimpin oleh wasit asal Italia, Gianluca Rocchi. Selama pertandingan berlangsung, Spanyol dua kali tertinggal lebih dulu. Gol Ronaldo dari titik penalti pada menit ke-4 membawa Portugal unggul, sebelum disamakan oleh Diego Costa pada menit ke-24.

Dua puluh menit kemudian, lagi-lagi Spanyol tertinggal. Ronaldo berhasil mencetak gol keduanya lalu disamakan lagi oleh Diego Costa.Spanyol sempat memimpin dan membuka harapan meraih tiga poin setelah Nacho Fernandez mencetak gol di menit ke-58.

Namun, menjelang berakhirnya pertandingan, Ronaldo mengeluarkan magisnya. Tendangan bebasnya pada menit ke-88 menjebol gawang De Gea, sekaligus membuat Portugal terhindar dari kekalahan. Hattrick Ronaldo ini merupakan yang pertama kalinya tercipta sepanjang kesertaan ia di Piala Dunia.

1 dari 3 halaman

Pencetak Hattrick Tertua

Ronaldo kini masuk daftar rekor pencetak hattrick tertua dalam sejarah Piala Dunia. Pada saat mencatat perolehan tersebut, dia menginjak umur 33 tahun 130 hari. Dia pun menjadi pemain tertua yang membukukan hat-trick sepanjang sejarah Piala Dunia.

Pemain Manchester United itu bersanding dengan pemain Swedia Tore Keller yang juga berusia 33 tahun saat mencetak hattrick ke gawang Kuba di Piala Dunia 1938.

2 dari 3 halaman

Hattrick Perdana ke Gawang Spanyol

Catatan hattrick ke gawang Spanyol memutus tren buruk Ronaldo saat berhadapan dengan Spanyol. Sebelumnya, Ronaldo sudah terlibat empat kali dalam pertandingan resmi internasional Portugal melawan Spanyol.

Dia dua kali bermain penuh, sekali diganti, dan sekali menjadi pemain pengganti dengan total durasi main 340 menit. Namun, pemain yang berjasa besar mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016 itu selalu mandul alias tak pernah mampu mencetak gol ke gawang El Matador.

Selain itu, sepanjang sejarah Piala Dunia, baru kali ini gawang Spanyol kemasukan tiga gol oleh seorang pemain. Tim Matador melewatkan 59 laga Piala Dunia tanpa membiarkan gawangnya kebobolan dengan catatan hattrick dari tim lawan.

3 dari 3 halaman

Mencetak Gol di 4 Edisi Piala Dunia

Ronaldo kini menyejajarkan diri dengan Uwe Seeler (Jerman), Pele (Brasil), dan Miroslav Klose (Jerman) sebagai pemain yang mencetak gol dalam empat edisi Piala Dunia berturut-turut.

Sebelumnya, Ronaldo mencetak tiga gol dalam 13 laga pada tiga edisi Piala Dunia, yakni satu gol saat melawan Iran di Piala Dunia 2006, satu gol ke gawang Korea Utara Piala Dunia 2010 dan satu gol saat Portugal menang tipis 2-1 atas Ghana di Piala Dunia 2014.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR