Mengenang Gol Spektakuler Mantan Pemain Arema di Piala Dunia 1998

Serafin Unus Pasi | 12 Agustus 2022, 19:58
Aksi Pierre Njanka bersama Timnas Senegal (c) AFP
Aksi Pierre Njanka bersama Timnas Senegal (c) AFP

Bola.net - Pierre Djaka Njanka-Beyaka atau akrab disapa Pierre Njanka merupakan jebolan timnas Kamerun yang bermain di Piala Dunia Prancis 1998 dan Korea-Jepang 2002. Keikutsertaannya di tim Kamerun bukanlah sebagai penggembira atau pelengkap. Dia merupakan andalan negara asal Afrika itu di lini belakang.

Pada Piala Dunia 1998 di Prancis, Kamerun tergabung ke dalam Grup B bersama Austria, Chile, dan Italia. Dan partai perdana Kamerun melawan Austria menjadi titik nama Pierre Njanka dikenal luas.

Kedua tim bermain alot sehingga babak pertama usai skor masih 0-0. Baru dibabak kedua Njanka berhasil memecah kebuntuan. Bola dia bawa dari garis tengah lapangan. Melihat pemain Austria lengah, Njanka pun melakukan overlap dengan sangat cepat.

Beberapa pemain Austria tak mampu menghalangi laju Njanka yang menyisir sisi kanan pertahanan Austria. Setelah berhasil mengecoh dua pemain Austria, tanpa ampun Njanka melesakkan bola dengan keras. Kedudukan pun 1-0 untuk keunggulan Kamerun.

Sayangnya, pada akhirnya Kamerun tak bisa mempertahankan keunggulan dan pertandingan berakhir imbang 1-1.

1 dari 2 halaman

Pernah Bermain di Indonesia

Pierre Njanka pernah merasakan berkarier di Liga Indonesia. Tercatat dia pernah membela Persija Jakarta, Arema, Aceh United, Mitra Kukar, dan Persisam Putra Samarinda.

Pencapaian terbaik Njanka adalah membantu Arema menjuarai Liga Super Indonesia 2009-2010. Trofi itu terasa spesial bagi Singo Edan, karena menjadi yang pertama sejak era Liga Indonesia mulai bergulir pertengahan 1990-an. Pencapaian tertinggi Arema sebelumnya adalah dengan menjadi juara Piala Indonesia 2005 dan 2006.

Pemain kelahiran Duoala, 15 Maret 1975 itu gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional ketika membela Persisam Samarinda di ISL musim 2012-2013.

2 dari 2 halaman

Babak Belur di Piala Dunia 1998

Dalam keikutsertaan lima kali di Piala Dunia, Kamerun selalu tersingkir pada putaran pertama, kecuali di Piala Dunia 1990 Italia. Namun, mereka selalu melahirkan kejutan-kejutan, baik yang menggembirakan maupun yang memalukan.

Dalam edisi Piala Dunia 1998, Kamerun juga meraih hasil minor setelah finis menghuni dasar klasemen Grup B dengan raihan dua poin, hasil kalah 0-3 dari Italia dan dua hasil imbang lawan Austria dan Chile.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR