Mengenang Gol Istimewa Dennis Bergkamp yang Buyarkan Mimpi Argentina di Piala Dunia 1998

Asad Arifin | 12 Agustus 2022, 14:53
Dennis Bergkamp (c) AFP
Dennis Bergkamp (c) AFP

Bola.net - Piala Dunia 1998 menjadi ajang pembuktian bagi para pemain bintang top dunia. Prancis menjadi tempat pertarungan skill dan taktik para pemain dalam memenangkan setiap laga.

Hal ini dilakukan juga oleh penyerang bintang Arsenal dan Timnas Belanda, Dennis Bergkamp. Skill dan taktik Bergkamp sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Timnas Belanda sangat beruntung memiliki pemain sekaliber Bergkamp di Piala Dunia 1998. Pasalnya Bergkamp berkontribusi besar bagi Belanda dengan tiga gol dan tiga assistnya selama di Prancis.

Bukti kehebatan Bergkamp terjadi pada momen kekalahan Argentina atas Belanda. Ia menjadi malaikat kematian Argentina dengan mencetak gol penentu kemenangan Belanda.

1 dari 3 halaman

Bergkamp Sang Penghancur Tim Unggulan Argentina

Lanjutan Piala Dunia 1998 mempertemukan Argentina melawan Belanda di babak Perempat Final. Saat itu Argentina tampil perkasa sebagai juara Grup H dengan sembilan poin.

Sementara Belanda memiliki jalan yang lebih terjal. Mengoleksi lima poin, Belanda berhasil menjadi juara Grup E hasil satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Pertandingan antara Belanda vs Argentina berjalan sangat panas dari menit pertama. Bermain imbang di babak pertama, Bergkamp berhasil menjadi penentu kemenangan Belanda lewat golnya di menit 89.

2 dari 3 halaman

Kontrol Sempurna, Tendangan Presisi

Gol Bergkamp diawali umpan long pass Frank De Boer dari pos bek kiri. Bergkamp yang sedang berlari mengejar arahnya bola berhasil mengontrol bola dengan baik.

Melewati satu pemain Argentina dengan mengangkat bola, Bergkamp langsung menendang bola dengan kaki kanannya. Tendangan melengkung ke pojok kanan gawang berhasil merubah kedudukan menjadi keunggulan untuk Belanda.

Gol tersebut langsung membuyarkan semangat bermain Argentina. Waktu normal yang tinggal satu menit terasa mustahil untuk membobol pertahanan Belanda yang rapat. Skor 2-1 berakhir hingga usai, Bergkamp keluar sebagai pahlawan kemenangan Belanda.

3 dari 3 halaman

Pemain Paling Bersinar Belanda

Meskipun hanya mencapai babak Semifinal, penampilan Belanda di Piala Dunia 1998 sangat mengesankan. Dennis Bergkamp menjadi pemain paling bersinar Belanda selama Piala Dunia 1998 bergulir.

Bergkamp total mencetak tiga gol dan tiga assist bagi Belanda. Bergkamp mencetak masing-masing satu gol saat melawan Korea Selatan, Yugoslavia dan Argentina.

Bergkamp juga menjadi Man of the Match saat Belanda menang dramatis melawan Argentina. Saat itu Bergkamp mencetak satu gol dan satu assist bagi Patrick Kluivert.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR