Mengenang Gol Indah James Rodriguez yang Hancurkan Uruguay di Piala Dunia 2014

Serafin Unus Pasi | 8 Agustus 2022, 19:45
James Rodriguez (c) AFP
James Rodriguez (c) AFP

Bola.net - Gelandang timnas Kolombia, James Rodriguez berhasil mencetak salah satu gol terbaik di ajang Piala Dunia 2014, tepatnya pada 29 Juni.

Itu terjadi ketika James Rodirguez membantu Kolombia mengalahkan Uruguay di babak 16 besar Piala Dunia 2014 dengan skor 2-0. Hebatnya, dua gol itu dicatatkan oleh pemain berusia 31 tahun itu.

Saat itu, James yang posisinya membelakangi gawang, mengontrol bola dengan dadanya sebelum akhirnya memutarkan badan dan langsung melepaskan sepakan keras yang berujung gol. Gol spektakuler yang dilesatkan eks gelandang Real Madrid tersebut juga berhasil membawa Kolombia mencatatkan sejarah baru di ajang Piala Dunia.

Berkat dua gol James Rodriguez, Kolombia berhasil tampil di babak perempat final untuk kali pertama pada turnamen yang selalu digelar setiap empat tahunan tersebut. Namun Kolombia harus tersingkir di babak perempatfinal Piala Dunia 2014 setelah ditumbangkan Brasil dengan skor tipis 1-2.

1 dari 3 halaman

Mengungguli Gol Robin Van Persie

FIFA telah mengumumkan bahwa gol James Rodriguez lewat tendangan voli ke gawang Uruguay menjadi Gol Terbaik di Piala Dunia 2014. Gol James mengungguli gol Robin van Persie ke gawang Spanyol.

FIFA sebelumnya telah merilis 15 kandidat gol terbaik di Piala Dunia 2014. Gol James di babak 16 besar akhirnya terpilih setelah mendapatkan suara terbanyak dari empat juta lebih pemilih di situs resmi FIFA.

James menjadi pemain ketiga dari Amerika Selatan berturut-turut yang terpilih mendapatkan gol terbaik, setelah tendangan keras Argentina Maxi Rodriguez di Jerman 2006 dan gol Diego Forlan dalam perebutan posisi ketiga di Afrika Selatan 2010.

2 dari 3 halaman

Menjadi Top Skor Piala Dunia

Nama James Rodriguez menjadi terkenal setelah penampilan brilian di kompetisi tertinggi dunia pada tahun 2014. Berposisi utama sebagai gelandang serang, James Rodriguez menjalani debut Piala Dunianya bersama timnas Kolombia.

Tak ada yang menyangka pemuda berusia 22 tahun kala itu. keluar sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014. Bersama Tricolour, James berhasil melesakkan enam gol hanya dari lima kali bertanding. Perolehan golnya hanya unggul satu gol dari striker Jerman, Thomas Muller.

3 dari 3 halaman

Langsung Dipinang oleh Real Madrid

Ketika penampilan begitu moncer pada Piala Dunia 2014, membuat Real Madrid tergoda untuk mendatangkannya. Ia ditebus dengan mahar 75 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun dari AS Monaco.

Sayangnya, karier James di Madrid tak bertahan lama. Sejak kedatangan Zinedine Zidane, ia mulai terpinggirkan lantaran Zidane lebih suka memasang Marco Asensio ketimbang dirinya. Praktis setelah dari Madrid, kariernya tak jelas, ia bahkan kerap bergonta-ganti klub.

Kini James bermain bersama Al Rayyan, klub asal Liga Qatar.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR