Mengenang Gol Indah Giovanni van Bronckhorst ke Gawang Uruguay di Piala Dunia 2010

Serafin Unus Pasi | 5 Agustus 2022, 18:22
Giovanni van Bronckhorst di Piala Dunia 2010 (c) FIFA
Giovanni van Bronckhorst di Piala Dunia 2010 (c) FIFA

Bola.net - Hanya empat gol yang pernah dicetak Giovanni van Bronckhorst selama 104 kali membela Belanda. Namun, gol terakhir yang dicetaknya ke gawang Uruguay dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2010, menjadi sangat berarti bagi eks kapten Die Oranje ini.

Van Bronckhorst mencetak gol spektakuler. Dengan kaki kirinya, ia melepaskan tendangan jarak jauh dan akurat ke gawang Uruguay. Bola meluncur deras ke sudut kiri atas. Bahkan bola masih sempat mengenai mistar sebelum meluncur ke gawang. Fernando Muslera sudah semaksimal mungkin menghadang, namun laju bolanya begitu deras.

Lebih dari itu. Gol kapten yang memiliki berdarah kental Indonesia ini membuka kemenangan 3-2 Belanda atas Uruguay. Dan, De Oranje sukses melaju ke final untuk menghadapi Spanyol.

Sayangnya Belanda tidak mampu mengakhiri kutukan runner-up Piala Dunia. Pada pertandingan puncak, De Oranje harus bertekuk lutut dari Spanyol lewat gol semata wayang Andres Iniesta yang ikonik.

1 dari 3 halaman

Gantung Sepatu setelah Piala Dunia

Dengan hasil yang begitu menyakitkan di final, Van Bronckhorst menepati janjinya pensiun usai Piala Dunia 2010.

"Saya sempat ragu beberapa bulan dan keputusan untuk pensiun tidaklah mudah. Namun sekarang saya merasa lega. Mengakhiri karier di Piala Dunia adalah hal indah. Selain faktor fisik Anda harus bugar secara mental dan ini yang rasakan saat ini,” kata Bronckhorst, yang saat itu masih berkostum Feyenoord.

2 dari 3 halaman

Mengemas 106 Caps di Timnas Belanda

Van Bronckhorst tampil pertama kali berseragam timnas Belanda pada Agustus 1996 dalam usia 21 tahun pada pertandingan kontra Afrika Selatan. Selama kariernya Van Bronckhorst tampil sebanyak 106 kali bagi tim Oranje.

Van Bronckhorst juga ikut membela Belanda dalam tiga edisi Piala Dunia, yaitu pada 1998, 2006, dan 2010.

Selain ajang Piala Dunia, Van Bronckhorst juga ikut bertarung bersama Belanda dalam tiga gelaran Euro, pada 2000, 2004, dan 2008.

3 dari 3 halaman

Jadi Kapten di Final Piala Dunia

Van Bronckhorst ditunjuk sebagai kapten tim timnas Belanda selama Piala Dunia 2010. Ia diserahi ban kapten tim setelah kiper Edwin van der Sar pensiun setelah final Euro 2008.

Laga Final Piala Dunia 2010 antara Belanda kontra Spanyol menjadi pertandingan terakhir Van Bronckhorst sebelum pensiun. Eks Barcelona yang berposisi sebagai bek kiri itu sempat diganti pada menit ke-105 dengan Edson Braafheid.

Sayang, setelah pergantian itu, Belanda harus kalah secara dramatis melalui gol Andres Iniesta yang dicetak pada menit ke-116.

Setelah membawa Belanda ke final Piala Dunia, pemerintah Belanda memberikan Van Bronckhorst penghargaan Order of Orange-Nassau, sebuah penghargaan yang diberikan pada warga Belanda yang telah berkontribusi penting bagi negara.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR