Mengenang Empat Gol Christian Vieri di Piala Dunia 2002

Dimas Ardi Prasetya | 29 Juli 2022, 18:39
Christian Vieri (c) AFP
Christian Vieri (c) AFP

Bola.net - Italia menjadi salah satu negara langganan Piala Dunia telah mencetak banyak pemain bintang di dunia sepak bola. Selain bek tangguh, Italia juga terkenal sebagai penghasil striker ganas di Eropa.

Nama-nama seperti Roberto Baggio, Alessandro Del Piero hingga Filippo Inzaghi menjadi beberapa sampel striker kenamaan Italia. Namun terselip satu nama striker lain yakni Christian Vieri.

Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang-Korea Selatan menjadi saksi ketajaman Vieri. Walaupun Italia hanya bertahan hingga babak 16 besar, penampilan pria yang kerap disapa Bobo ini tetap mengesankan.

Striker yang kala itu bermain di Inter Milan ini mengemas total empat gol dari empat pertandingan yang dilakoni Italia. Tiga gol dicetak Vieri di babak penyisihan Grup G dan satu gol tambahan dicetak di babak 16 besar.

1 dari 2 halaman

Cetak 2 Gol: Pahlawan Pertandingan Perdana

Pada Piala Dunia 2002, Italia tergabung dalam Grup G bersama Ekuador, Kroasia, dan Meksiko. Pada pertandingan perdana yang digelar di Sapporo Dome, Italia bertemu wakil CONMEBOL, Ekuador.

Saat itu pelatih Italia Giovanni Trapattoni memasang Vieri sebagai starter. Ia memilih mencadangkan dua striker tajam Italia lainnya yakni Filippo Inzaghi dan Alessandro Del Piero.

Vieri yang saat itu berduet dengan Francesco Totti di lini serang langsung menjawab kepercayaan sang pelatih. Brace ke gawang ekuador ia ukir pada menit ketujuh dan 27' lewat sepakan kaki kirinya. Dwi gol ini membuktikan kualitasnya sebagai bomber top

2 dari 2 halaman

Comeback: Italia Tersingkir

Ketajaman Christian Vieri tidak berhenti di pertandingan melawan Ekuador saja. Bomber bertubuh gempal ini juga mencetak gol di pertandingan keduanya kala bertemu dengan Kroasia.

Vieri yang dipasang sebagai starter, mencetak gol ketiganya di Piala Dunia 2002 pada menit ke-55. Umpan Cristiano Doni berhasil disundulnya dan membawa Italia unggul sementara 1-0.

Namun Italia terkena comeback setelah Kroasia melesatkan dua gol melalui Ivica Olic dan Milan Rapaic. Skor 2-1 bertahan hingga akhir.

Bermain imbang di pertandingan ketiga melawan Meksiko, Italia berhasil lolos babak 16 besar sebagai runner up Grup G. Mereka bertemu dengan Korea Selatan yang menjadi juara Grup D sekaligus tuan rumah Piala Dunia 2002.

Vieri yang kembali dipasang sebagai starter, hanya butuh 18 menit untuk membobol gawang Korea Selatan melalui sundulannya. Namun satu gol penyama kedudukan yang dicetak Ki-hyeon Seol di menit ke-88 memaksa Azzurri bermain hingga babak extra time.

Di babak perpanjangan waktu, Italia kembali menelan pil pahit karena Korsel melakukan comeback setelah Jung-hwan Ahn sukses mencetak gol pada menit ke-117. Gol ini sekaligus mengantarkan Azzurri angkat kaki dari Piala Dunia 2002.

Sumber : Transfermarkt
(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR