Mengenang Ato, Kaz dan Nik, Maskot Piala Dunia 2002

Serafin Unus Pasi | 26 September 2022, 20:19
Ato, Kaz dan Nik, maskot resmi Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan (c) FIFA
Ato, Kaz dan Nik, maskot resmi Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan (c) FIFA

Bola.net - Tidak terasa sudah 20 tahun berlalu semenjak Piala Dunia 2002 digulirkan. Selama turnamen tersebut berlangsung, begitu banyak menyimpan sejumlah kenangan maupun kontroversi yang diciptakan

Kenangan seperti Brasil sukses merengkuh trofi kelimanya usai di final mampu menundukkan Jerman. Lalu, tragedi juara bertahan Prancis yang tidak sanggup berbicara banyak di turnamen kali ini akibat harus tersisih di fase grup dan bumbu kontroversi yang masih diingat hingga kini, yakni laga Korea Selatan melawan Italia.

Namun, di balik cerita itu, keberadaan maskot Piala Dunia 2002 mungkin sedikit terpinggirkan akibat gegap gempita pertandingan-pertandingan di gelaran tersebut. Ato, Kaz dan Nik adalah maskot Piala Dunia yang diperkenalkan sebagai maskot dari turnamen yang dilaksanakan di dua negara yaitu, Korea Selatan dan Jepang.

Seperti apa rupa maskot Piala Dunia 2002? Berikut beberapa ulasannya. Yuk, langsung scroll ke bawah Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Filosofi Ato, Kaz, dan Nik

Maskot Piala Dunia 2002 diberi nama Ato, Kaz dan Nik. Ketiga karakter ini merupakan makhluk ciptaan komputer yang mempunyai warna ungu, kuning, dan biru. Maskot ini diceritakan sebagai anggota tim sepak bola fiksi, bernama Atmoball dengan peran masing-masing.

Ato bertugas sebagai pelatih sedangkan Kaz dan Nik adalah digambarkan sebagai pemain. Tiga nama maskot dipilih sendiri oleh publik melalui internet dan juga gerai restoran cepat saji McDonalds di Korea Selatan dan Jepang.

2 dari 2 halaman

Masuk Kategori Maskot Teraneh

Dilansir dari laman FourFourTwo, Ato, Kaz, dan Nik menjadi salah satu dari enam maskot teraneh selama penyelenggaraan Piala Dunia. Ketiga karakter ini merupakan mahluk ciptaan komputer yang mempunyai warna ungu (Kaz), kuning (Ato), dan biru (Nik).

Menurut FourFourTwo, trio tersebut terlihat seperti alien yang didesain sangat mengecewakan. Padahal, Piala Dunia 2002 digelar di dua negara, Korea Selatan dan Jepang dan menjadi gelaran akbar sepak bola pertama yang digelar di luar benua Amerika dan Eropa.

Harusnya hal itu jadi pertimbangan bagi kedua negara ini bikin maskot yang sebaik mungkin dan menyimbolkan makna dari kedua negara tersebut.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR