Mengapa Uruguay Pasang 4 Bintang di Jerseynya? Padahal Baru Dua Kali Juara Dunia

Aga Deta | 28 November 2022, 11:18
Mengapa Uruguay Pasang 4 Bintang di Jerseynya? Padahal Baru Dua Kali Juara Dunia
Piala Dunia 2022: Timnas Uruguay (c) AP Photo/Martin Meissner

Bola.net - Berdasarkan sejarah, Timnas Uruguay adalah salah satu negara tertua pada ajang Piala Dunia. La Celeste termasuk jarang absen dalam turnamen sepak bola empat tahunan ini.

Piala Dunia 2022 menjadi penampilan ke-14 Uruguay di ajang sepak bola terakbar tersebut. Uruguay menjadi juara pada edisi pertama Piala Dunia.

Dalam sejarah keikutsertaan di Piala Dunia, Timnas Uruguay pernah menjadi kampiun dua kali, yakni pada 1930 dan 1950.

Di sisi lain, sesuai aturan FIFA, tim nasional boleh memasang bintang di jersey sebanyak jumlah trofi Piala Dunia. Pasalnya, ajang empat tahunan itu merupakan turnamen sepak bola terbesar di dunia.

Brasil menjadi negara dengan koleksi trofi Piala Dunia yakni lima kali. Itulah mengapa, di atas lambang Federasi Sepak Bola Brasil, CBF, terdapat lima bintang.

Kemudian, Jerman dan Italia menjadi dua negara dengan empat trofi Piala Dunia. Alhasil, kedua negara tersebut juga mencantumkan empat bintang di atas logo.

Menariknya, lambang di jersey Timnas Uruguay terdapat 4 bintang, padahal baru dua kali juara Piala Dunia. Mengapa demikian?

1 dari 2 halaman

Kemenangan di Olimpiade

Melansir dari laman Talksport, Senin (28/11/2022), ternyata, dua bintang lainnya itu berasal dari kemenangan di Olimpiade.

Tercatat, Uruguay pernah dua kali meraih medali emas atau menjadi juara cabang olahraga sepak bola di Olimpiade, yakni pada 1924 dan 1928.

Seperti diketahui, Piala Dunia kali pertama digelar pada 1930 maka Olimpiade dianggap sebagai pesta sepak bola terbesar kala itu.

Pada 30 Mei tahun ini, Asosiasi Sepak Bola Uruguay mengonfirmasi bahwa mereka diizinkan untuk terus memakai empat bintang di lambang sepak bola mereka.

La Celeste berpeluang menambah jumlah bintang menjadi lima, andai bisa menjadi juara di Piala Dunia 2022 Qatar.

Apalagi pada Piala Dunia tahun ini, Uruguay dihuni pemain-pemain berpengalaman, seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, Rodrigo Bentancur hingga Diego Godin.

Skuad asuhan Diego Alonso mengawali laga perdana grup H Piala Dunia 2022 dengan hasil imbang tanpa gol kontra Korea Selatan.

Selanjutnya, Luis Suarez dkk akan bertemu Portugal pada Selasa (29/11/2022). Kemudian pada laga terakhir fase grup, Uruguay akan melawan Ghana pada Jumat (2/12/2022).

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR