Menang Besar atas Iran tapi Susah Payah Imbangi Amerika Serikat, Inggris Overrated Nih?

Richard Andreas | 27 November 2022, 18:45
Menang Besar atas Iran tapi Susah Payah Imbangi Amerika Serikat, Inggris Overrated Nih?
Harry Kane dikawal ketat pemain lawan di laga Inggris vs Amerika Serikat, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Luca Bruno

Bola.net - Inggris memasuki turnamen Piala Dunia 2022 sebagai salah satu tim favorit. Ada banyak pemain top dalam skuad The Three Lions, wajar jika mereka dijagokan untuk melaju sejauh mungkin dan bersaing merebut trofi.

Status favorit itu sudah dibuktikan Inggris dengan tampil perkasa di matchday 1. Harry Kane dkk. menghajar Iran dengan skor telak 6-2. Inggris terlalu perkasa di hadapan tim lawan.

Sayangnya, di matchday 2, situasi justru berbalik bagi Inggris. Mereka tidak setangguh yang terlihat. Pasukan Gareth Southgate ditahan imbang Amerika Serikat dengan skor 0-0, bahkan hampir kalah.

Dua performa kontras ini bisa jadi indikasi bahwa Inggris tidak sebagus yang disebut-sebut. Apa maksudnya?

1 dari 9 halaman

Skuad bagus, tapi ...

Tidak ada yang membantah kualitas skuad Inggris. Pasukan Gareth Southgate diisi oleh nama-nama top, khususnya karena sebagian besar bermain di Premier League.

Inggris punya Harry Kane, salah satu striker murni terbaik di dunia. Ada Jude Bellingham, salah satu pemain muda terbaik. Dan masih ada Harry Maguire yang tampil perkasa di lini belakang.

Tidak hanya itu, bangku cadangan Inggris pun diisi oleh banyak pemain top, sebut saja Trent Alexander-Arnold, Phil Foden, Marcus Rashford, Jack Grealish, dan nama-nama lain.

Sayangnya, jika berkaca pada hasil imbang dengan Amerika kemarin, skuad top Inggris itu tampaknya tidak bisa dimaksimalkan oleh Southgate. Pergantian pemain Southgate lambat dan ada pemain-pemain bintang yang tidak diberi kesempatan.

2 dari 9 halaman

Kritikan untuk Southgate

Piala Dunia 2022: Gareth Southgate di laga Inggris vs Iran. (c) AP Photo/Martin Meissner

Piala Dunia 2022: Gareth Southgate di laga Inggris vs Iran. (c) AP Photo/Martin Meissner

Setelah pertandingan imbang Inggris dengan Amerika Serikat kemarin, Soutgate harus rela menerima kritik keras dari fans The Three Lions. Mulai muncul keraguan soal kualitas Southgate sebagai pelatih.

Southgate dianggap tidak bisa mengontrol dan mengelola skuad penuh bintang Inggris. Taktik Inggris monoton, penentuan starting XI mudah ditebak, dan pergantian pemain lambat.

Alhasil, viral analogi bahwa skuad Inggris saat ini ibarat Ferrari, tapi Southgate menjalankannya dengan lambat. Inggris disebut butuh pelatih yang lebih baik.

3 dari 9 halaman

Hype berlebihan, overrated?

Faktor-faktor tersebut, ditambah hasil imnbang dengan Amerika Serikat mulai memunculkan keraguan terhadap skuad Inggris. Mereka masih layak dipertimbangkan, tapi sepertinya sulit untuk jadi juara.

Imbang dengan Amerika Serikat kemarin pun cukup untung bagi Inggris. Mereka kalah dalam intensitas permainan dan beruntung tidak kebobolan.

Jika Inggris tidak segera memperbaiki permainan mereka, sulit membayangkan Harry Kane dkk. bisa melaju sampai ke babak final. Inggris pun dianggap sebagai salah satu tim overrated.

4 dari 9 halaman

Inggris kesulitan saat lawan tim bagus

5 dari 9 halaman

Asli ini overrated

6 dari 9 halaman

Lawan Amerika Serikat saja kesulitan

7 dari 9 halaman

Cuma Harry Kane yang mending

8 dari 9 halaman

Lini tengah Amerika Serikat lebih oke

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR