Membedah Potensi Kekuatan Senegal di Piala Dunia 2022: Koulibaly dan Mane Jadi Tumpuan

Serafin Unus Pasi | 3 Oktober 2022, 17:51
Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Mesir di Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun, Senin (07/02/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo
Senegal juara Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Mesir di Paul Biya Stadium, Olembe, Kamerun, Senin (07/02/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Senegal punya harapan besar untuk sukses di Piala Dunia 2022 di Qatar. Harapan Senegal akan menjadi target utama bagi Sadio Mane dkk untuk meloloskan Senegal ke fase knock-out Piala Dunia 2022.

Pada Piala Dunia 2022, Senegal tergabung dalam Grup A. Mereka akan bersaing dengan sang tuan rumah Qatar, Belanda, dan Ekuador untuk memperebutkan dua tiket ke fase knock-out.

Timnas Senegal saat ini diprediksi mampu memberikan persaingan ketat di Grup A. Kedalaman skuat dan kualitas permainan Senegal setidaknya sedikit lebih baik dibandingkan dengan dua tim lainnya yakni, Qatar dan Ekuador.

Senegal memiliki materi pemain yang cukup dalam, bahkan beberapa di antaranya adalah pemain bintang. Tim asuhan Aliou Cisse ini siap memberikan kejutan di Piala Dunia 2022 sebagai kuda hitam.

1 dari 2 halaman

Diperkuat Pemain Bintang

Sadio Mane melewati hadangan Yerry Mina. (c) AP

Sadio Mane melewati hadangan Yerry Mina. (c) AP

Senegal punya modal yang cukup baik untuk menghadapi Piala Dunia 2022. Senegal saat ini sedang diperkuat oleh generasi emasnya yang bisa memberikan kejutan di Qatar November nanti.

Senegal bahkan diperkuat beberapa pemain bintang yang akan menjadi tumpuan di Piala Dunia 2022. Beberapa nama tersebut yakni Sadio Mane, Kalidou Koulibaly, dan Edouard Mendy yang bermain di tim top Eropa.

Selain tiga nama tersebut masih banyak pemain yang tak kalah penting dalam permainan Senegal. Hadirnya para pemain ini tentu jadi modal yang bagus untuk memecahkan rekor terjauh perjalanan Piala Dunia mereka yang terjadi di Korea Selatan-Jepang saat menembus babak Perempat Final.

2 dari 2 halaman

Formasi 4-3-3 Menyerang Senegal

Sadio Mane ditempel ketat Hamdi Fathi di final Piala Afrika 2021 antara Senegal vs Mesir, Senin (07/02/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Sadio Mane ditempel ketat Hamdi Fathi di final Piala Afrika 2021 antara Senegal vs Mesir, Senin (07/02/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Senegal diprediksi akan tampil menyerang pada Piala Dunia 2022. Pasalnya Aliou Cisse sering menggunakan formasi 4-3-3 menyerang sebagai andalannya.

Pemilihan formasi ini bukan tanpa alasan. 4-3-3 dipilih mengingat Senegal dianugerahi banyak penyerang sayap yang cepat, salah satunya adalah Sadio Mane. Pengalaman Mane di tim top Eropa seperti Bayern Munchen dan Liverpool bisa jadi modal bagus untuk lini serang Senegal.

Di lini tengah, Senegal juga punya nama yang tak kalah berpengalaman. Tiga pos gelandang akan diisi oleh mantan pemain PSG, Idrissa Gueye serta dua pemain Premier League, Nampalys Mendy dan Cheikhou Kouyate.

Di lini pertahanan, Senegal juga punya deretan bek tangguh yang akan mengisi empat pos dalam formasi 4-3-3. Pos bek tengah diisi oleh pemain Chelsea, Kalidou Koulibaly yang akan berduet dengan pemain PSG, Abdou Diallo.

Sementara untuk posisi bek sayap akan diisi oleh bek Bayern Munchen, Bouna Sarr dan bek AC Milan, Fode-Ballo Toure. Di posisi kiper terdapat pemain andalan Chelsea, Edouard Mendy sebagai tembok terakhir.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR