Membedah Kekuatan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022: Dihuni Banyak Talenta Muda

Serafin Unus Pasi | 5 Oktober 2022, 17:59
Timnas Amerika Serikat (c) USMNT Official
Timnas Amerika Serikat (c) USMNT Official

Bola.net - Timnas Amerika Serikat kembali berlaga di ajang Piala Dunia 2022 yang bakal digelar di Qatar pada musim dingin nanti. The Yanks, julukan timnas Amerika Serikat menjadi salah satu wakil dari CONCACAF di turnamen bergengsi ini.

Sebelumnya timnas Amerika Serikat absen dalam edisi Piala Dunia 2018 usai menelan hasil buruk selama babak kualifikasi. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF, Amerika Serikat juga hampir tidak lolos karena menempati posisi ketiga. Penampilan inkonsisten ini yang harus diubah jelang terbang ke Qatar.

Namun, pendukung The Yanks layak optimistis dengan peluang di Piala Dunia 2022. Pasalnya, mereka datang ke Timur Tengah dengan kekuatan terbaik, dan diisi pemain-pemain muda berbakat. Bahkan, ada sejumlah pendapat menyebut Amerika Serikat akan tampil dengan generasi emas.

Pada Piala Dunia 2022, negara yang bercokol di posisi 14 rangking FIFA tersebut tergabung di Grup B bersama Inggris, Wales, dan Iran. Di atas kertas, Amerika Serikat seharusnya menjadi favorit sebagai negara pendamping Inggris untuk lolos ke babak selanjutnya.

1 dari 3 halaman

Penampilan Generasi Emas

Christian Pulisic saat membela Timnas Amerika Serikat.  (c) AP Photo

Christian Pulisic saat membela Timnas Amerika Serikat. (c) AP Photo

Banyak yang beranggapan bahwa timnas Amerika Serikat saat ini adalah generasi terbaik yang pernah dimiliki. Hal ini dikarenakan banyak pemain Amerika Serikat bermain di sejumlah klub Eropa dari klub papan bawah hingga atas.

Nama-nama seperti Christian Pulisic (Chelsea), Weston McKennie (Juventus), Sergino Dest (AC Milan), Timothy Weah (LOSC Lille), Tyler Adams (Leeds United), Matt Turner (Arsenal), hingga Giovanni Reyna (Borussia Dortmund) adalah beberapa talenta yang siap membela panji The Yanks di Piala Dunia 2022 nanti.

2 dari 3 halaman

Diisi Talenta Muda

Gio Reyna (c) DFL

Gio Reyna (c) DFL

Selain dihuni oleh pemain-pemain bagus, timnas Amerika Serikat juga dihuni oleh pemain-pemain muda.Tim yang dinahkodai oleh Gregg Berhalter tersebut memiliki rata-rata pemain berusia 24 tahun.

Terbilang cukup muda dibandingkan timnas lain yang memakai skuat yang lebih senior dengan segudang pengalaman. Meskipun diisi oleh banyak pemain 'hijau' dan bahkan baru mengikuti turnamen akbar di sepak bola, Gregg Berhalter yakin dengan skuad mudanya.

"Jika kami lolos pada 2026, dan kami memiliki tim yang sama, kami masih lebih muda dari tim yang tidak lolos pada 2018, dan ya, begitulah mudanya tim ini” kata pelatih berusia 49 tahun itu, dilansir di laman resmi FIFA.

3 dari 3 halaman

Kiprah Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia

Amerika Serikat. (c) AFP

Amerika Serikat. (c) AFP

Sebelum Piala Dunia 2022, Amerika Serikat telah tampil di pesta akbar sepak bola dunia empat tahunan ini pada edisi 1930, 1934, 1950, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014. Dilansir dari situs resmi FIFA, pencapaian terbaik The Yanks di Piala Dunia adalah peringkat ketiga pada edisi perdana tahun 1930 di Uruguay.

Kemudian pada abad ke-21, pencapaian terbaik Amerika Serikat adalah mencapai perempat final di Piala Dunia 2022 yang dihelat di Korea Selatan dan Jepang.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR