Maguire Cadangan, Sterling Kesulitan, Bagaimana Nasib Timnas Inggris?

Richard Andreas | 25 Agustus 2022, 05:30
Maguire Cadangan, Sterling Kesulitan, Bagaimana Nasib Timnas Inggris?
Skuad Inggris merayakan gol ke gawang Republik Irlandia, Jumat (13/11/2020) (c) Pool PA via AP Photo

Bola.net - Gareth Southgate melempar komentar terkait situasi awal persaingan Premier League 2022/23. Ada beberapa pemain Inggris yang kesulitan mendapatkan menit bermain di level klub.

Tahun 2022 ini adalah tahun Piala Dunia, jadi jelas penting bagi para pemain untuk mendapatkan menit bermain semaksimal mungkin. Mereka harus tampil untuk menjaga level dan membuktikan kualitas.

Persoalannya, sejauh ini sudah ada beberapa pemain Inggris yang tampak kesulitan. Sebut saja Raheem Sterling dan Mason Mount di Chelsea, ada pula kasus Harry Maguire dan Luke Shaw di Manchester United.

Pemain-pemain itu sudah jadi andalan Southgate beberapa tahun terakhir. Jika mereka kesulitan di level klub, tentu timnas akan terdampak.

1 dari 3 halaman

Menunggu dan mengamati

Southgate memahami situasi sulit sejumlah pemain di level klub. Kasus Maguire jadi contoh ekstrem, kapten Inggris justru duduk di bangku cadangan MU.

Biar begitu, Southgate menegaskan bahwa masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan. Jeda internasional masih cukup jauh, jadi dia punya waktu lebih.

"Di masa-masa ini, klasemen Premier League tidak benar-benar stabil sampai beberapa pekan berlalu, terlebih bursa transfer pun masih berjalan," ujar Southgate di Sky Sports.

"Situasi harus stabil terlebih dahulu, tapi mungkin kami beruntung karena biasanya jeda internasional datang sepekan setelah liga dimulai, sekarang kami punya waktu lebih."

2 dari 3 halaman

Tunggu perkembangan situasi

Menurut Southgate, di awal musim masih ada banyak hasil mengejutkan, tim-tim belum benar-benar stabil. Nanti ketika jadwal lebih padat baru dia bisa menilai kualitas pemain untuk dipanggil ke timnas.

"Bagus bagi kami memiliki beberapa pekan untuk melihat pemetaan situasi dan mengamati bagaimana kondisi fisik dan kebugaran pemain," sambung Southgate.

"Ada beberapa hasil pertandingan yang mengejutkan, tapi saya kira hal semacam itu wajar terjadi di awal musim."

"Situasi baru tampak lebih wajar begitu kita memasuki jadwal dua pertandingan dalam sepekan di beberapa kompetisi," tandasnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR