Maaf Bang Do! FIFA Pastikan Gol Pertama Portugal Milik Bruno Fernandes

Serafin Unus Pasi | 29 November 2022, 20:45
Maaf Bang Do! FIFA Pastikan Gol Pertama Portugal Milik Bruno Fernandes
Upaya sundulan dari Cristiano Ronaldo saat menerima umpan silang Bruno Fernandes yang kemudian berhasil menjebol gawang Uruguay pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) WIB. (c) AP Photo/Petr Josek

Bola.net - Perdebatan siapa pemilik gol pertama timnas Portugal saat menghadapi Uruguay resmi berakhir. FIFA memastikan bahwa gol itu milik Bruno Fernandes.

Dini hari tadi, timnas Portugal dan Uruguay berhadapan di pertandingan kedua grup H Piala Dunia 2022. Di laga itu, timnas Portugal berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Di laga itu sempat terjadi perdebatan terkait gol pertama Portugal. Pada saat itu, Bruno Fernandes melepaskan umpan silang untuk Cristiano Ronaldo yang ternyata bolanya langsung masuk ke gawang Uruguay.

Perdebatan muncul karena sebagian pihak menilai gol itu milik Ronaldo. Karena bola itu mereka klaim sedikit mengenai kepala Ronaldo, tepatnya rambut sang pemain.

Simak klarifikasi FIFA terkait situasi ini di bawah.

1 dari 4 halaman

Tidak Kena

FIFA baru-baru ini merilis pernyataan resmi mengenai gol itu. Mereka memastikan bahwa gol itu masih jadi milik Fernandes karena Ronaldo dipastikan tidak mengenai bola itu.

"Di pertandingan antara Portugal melawan Uruguay, kami berhasil menentukan siapa yang mencetak gol pertama di laga itu," tulis FIFA.

"Menggunakan teknologi 'Connected Ball' yang ada di bola Adidas Al Rihla, kami bisa memastikan bahwa tidak ada kontak dari Cristiano Ronaldo dalam proses terjadinya gol itu."

2 dari 4 halaman

Tidak Masalah

Dalam wawancara seusai pertandingan, Fernandes sendiri mengaku tidak keberatan mengakui bahwa gol itu milik Ronaldo.

Ia menyebut bahwa niatan awalnya adalah memberikan umpan ke Ronaldo. Ia berharap umpan silangnya itu bisa disundul sang pemain.

Namun ternyata FIFA sudah mengesahkan gol itu milik Fernandes, jadi perdebatan mengenai siapa pemilik gol tersebut bisa diakhiri.

3 dari 4 halaman

Lolos ke 16 Besar

Kemenangan 2-0 Portugal di laga tersebut membuat mereka dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Mereka saat ini butuh tambahan satu poin saja untuk mengunci status juara grup.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup H Piala Dunia 2022

(FIFA)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR