Luis de la Fuente, Pelatih Spanyol U21 yang Jadi Calon Pengganti Luis Enrique?

Abdi Rafi Akmal | 8 Desember 2022, 17:04
Luis de la Fuente, Pelatih Spanyol U21 yang Jadi Calon Pengganti Luis Enrique?
Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Julio Cortez

Bola.net - Posisi Luis Enrique belum aman sebagai pelatih timnas Spanyol. RFEF atau Federasi Sepak Bola Spanyol saat ini tengah mempertimbangkan Luis de la Fuente sebagai suksesornya.

Enrique gagal menuntun Spanyol melangkah jauh di Piala Dunia 2022. La Furia Roja hanya sampai babak 16 besar setelah dikandaskan oleh Maroko 0-3 lewat babak adu penalti di Education City Stadium, Selasa (6/12/2022) malam WIB.

Enrique sudah sempat disinggung soal kegagalan tersebut dan kemungkinan berhenti dari pelatih Spanyol. Namun, ia belum bisa memastikan apa-apa untuk saat ini dan memilih untuk menenangkan diri terlebih dahulu.

Walaupun begitu, RFEF tidak tinggal diam. Sejumlah nama kini sudah masuk dalam daftar untuk menggantikan Enrique. Marca memastikan nama de la Fuente kini cukup serius dipertimbangkan jadi pelatih tim senior.

1 dari 3 halaman

Bukan Nama Baru

De la Fuente bukanlah nama baru di jajaran kepelatihan timnas Spanyol. Pria berusia 61 tahun itu pernah ditugaskan memimpin Spanyol di Olimpiade 2020.

Spanyol mendapatkan medali perak pada ajang tersebut. Di partai final, Spanyol takluk 1-2 dari Brasil.

Selain itu, de la Fuente sudah menjadi bagian kepelatihan timnas Spanyol sejak 2013 silam. Ia memulainya dari kelompok U19, sempat ke U18, kemudian sekarang menangani U21.

2 dari 3 halaman

Prestasi Gemilang

Pencapaian de la Fuente bersama timnas Spanyol U21 pun terbilang gemilang. Ada sejumlah prestasi yang dicatatkannya, seperti memenangkan Piala Eropa U21 2019 dan jadi semifinalis di turnamen yang sama pada 2021.

De la Fuente juga punya rekor yang mengagumkan selama menukangi penggawa muda Spanyol. Dari total 42 pertandingan sejak 2018, Spanyol U21 hanya kalah empat kali selama di bawah asuhannya.

Selain itu, penunjukan de la Fuente nantinya akan sangat tepat. Sebab, sang pelatih sudah mengenal sekitar 80 persen skuad di tim senior Spanyol saat ini.

3 dari 3 halaman

Penentuannya Masih Panjang

Spanyol U-21 juara EURO U-21 2019 usai mengalahkan Jerman U-21 di final (c) AP Photo

Spanyol U-21 juara EURO U-21 2019 usai mengalahkan Jerman U-21 di final (c) AP Photo

Namun demikian, Spanyol masih perlu waktu yang panjang untuk menentukan keputusan terbaik. De la Fuente bukan satu-satunya nama, ada pula Marcelino dan Roberto Martinez yang masuk bursa.

Laporan yang sama menyebutkan bahwa akan ada pertemuan antara RFEF dengan Enrique. Pembahasannya soal masa depan dia di Spanyol.

Kemungkinan pembahasan tersebut akan terjadi sampai maksimal Maret 2023.

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR