Louis van Gaal Umumkan Menderita Kanker Prostat

Asad Arifin | 4 April 2022, 06:56
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal (c) AP Photo
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal memberi kabar tidak menyenangkan tentang kondisi kesehatannya. Sosok yang pernah menjadi manajer Manchester United itu menyatakan menderita kanker prostat.


Louis van Gaal adalah sosok lama di sepak bola. Dia punya pengalaman melatih di banyak klub. Bahkan, termasuk saat ini, pria berusia 70 tahun itu sudah tiga kali menjadi pelatih Timnas Belanda.

Pada level klub, Louis van Gaal pernah membawa Ajax berjaya pada level domestik dan Eropa. Dia membawa Ajax menjadi juara Liga Champions 1993/1994. Dia juga pernah meraih hasil bagus bersama Barcelona dan Bayern Munchen.

Nama Van Gaal sempat hilang dari peredaran usai didepak United pada Mei 2016 lalu. Namun, pada Agustus 2021, dia memutuskan untuk menerima tantangan menjadi pelatih Belanda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Pengumuman Kanker dari Louis van Gaal

Louis van Gaal baru saja merampungkan tugas memimpin Timnas Belanda memainkan dua laga uji coba internasional. Belanda menang dengan skor 4-2 lawan Denmark dan bermain imbang 1-1 melawan Jerman.

Seolah tidak ada hal buruk yang terjadi dengan Louis van Gaal pada dua laga itu. Tapi, secara mengejutkan dia membuat pengakuan telah didiagnosis menderita kanker prostat dan sengaja merahasiakan dari publik.

"Saya tidak ingin menceritakannya kepada pemain saya karena itu bisa mempengaruhi penampilan mereka," ucap Louis van Gaal dikutip dari BBC Sport.

"Dalam setiap periode selama saya sebagai manajer tim nasional, saya harus keluar pada malam hari untuk pergi ke rumah sakit tanpa para pemain mengetahuinya sampai sekarang. Sambil berpikir saya sehat, tapi .. saya tidak sehat," tegas Louis van Gaal.

2 dari 2 halaman

Tetap Pimpin Belanda ke Piala Dunia?

Louis Van Gaal (c) AFP

Pengumuman Louis van Gaal tentu membawa dampak besar bagi Timnas Belanda. Kini, ada teka-teki besar tentang masa depan Louis van Gaal ketika Belanda tampil di Piala Dunia 2022. Belanda jadi satu dari 29 negara yang sudah lolos ke Qatar.

Usia dan kondisi kesehatan bisa menjadi kendala bagi Louis van Gaal untuk bisa mendampingi Virgil van Dijk dan kolega. Tapi, sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari pihak Louis van Gaal atau KNVB tentang kesiapan tampil di Piala Dunia 2022.

Di sisi lain, beberapa waktu lalu, Louis van Gaal memberi kritik pedas soal Piala Dunia 2022. Dia menyebut penyelengaraan Piala Dunia di Qatar adalah hal konyol dan tidak masuk akal.

Sumber: BBC Sport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR