Louis van Gaal Indikasikan Bakal Ubah Posisi Tyrell Malacia, Kabar Baik atau Kabar Buruk untuk MU?

Serafin Unus Pasi | 26 September 2022, 17:51
Tyrell Malacia saat membela Timnas Belanda (c) Tyler Malacia Official Twitter
Tyrell Malacia saat membela Timnas Belanda (c) Tyler Malacia Official Twitter

Bola.net - Sebuah pernyataan menarik dilontarkan Louis van Gaal. Manajer Timnas Belanda itu menyebut bahwa ia akan mengubah posisi Tyrell Malacia di skuatnya.

Malacia merupakan salah satu bek yang lagi naik daun. Ia memiliki performa yang baik di sisi kiri pertahanan MU sehingga Louis van Gaal memainkannya di UEFA Nations League kali ini.

Namun Van Gaal baru-baru ini membuat sebuah eksperimen. Ia menarik posisi Malacia lebih ke tengah dalam skema tiga bek.

Ketika ditanya mengapa ia mengubah posisi Malacia, begini jawaban Ten Hag. "Saya memainkan Malacia di posisi bek tengah kiri karena Bruno Martins Indi tidak bisa bermain di Piala Dunia karena cedera," buka Van Gaal kepada ESPN.

Baca komentar lengkap sang manajer di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Ujian yang Bagus

Van Gaal menyebut bahwa ia sengaja memainkan Malacia di posisi itu pada saat melawan Belgia. Karena ia menilai laga itu bakal cocok untuk menguji kemampuan Malacia di posisi agak ke tengah.

"Karena Bruno bakal absen, saya harus mencoba pemain lain di posisi itu. Saya ingin melihat apa yang bisa diberikan Malacia di posisi itu," lanjut Van Gaal.

"Saya menaruhnya di sisi kiri pada posisi bek tengah karena De Bruyne banyak bermain di posisi itu. Saya rasa lebih baik memainkan pemain bertipe Pitbull di posisi itu daripada menaruh pemain seperti Blind untuk merebut bola secara taktikal."

2 dari 4 halaman

Masih Bisa Lebih Baik

Van Gaal sendiri mengaku cukup puas dengan eksperimen yang ia lakukan. Namun ia menilai Malacia masih belum optimal di posisi itu.

Ia yakin sang bek muda bisa tampil lebih ciamik di posisi itu jika ia sudah terbiasa bermain di posisi tersebut.

"Sehari sebelum pertandingan, saya mendiskusikan perubahan posisi ini dan ia menyanggupi bermain di posisi itu. Ia bermain dengan sangat bagus saat bertahan, namun saya rasa ia masih bisa lebih bagus di posisi itu," ia menandaskan.

3 dari 4 halaman

Menang

Eksperimen Van Gaal itu terbukti jitu. Karena Timnas Belanda sukses menang atas Belgia.

Mereka berhasil menang dengan skor 1-0 berkat gol dari Virgil van Dijk di menit 73.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR