Louis van Gaal akan Buat Belanda Bermain Sepak Bola Modern di Laga Melawan Argentina

Editor Bolanet | 8 Desember 2022, 22:50
Louis van Gaal akan Buat Belanda Bermain Sepak Bola Modern di Laga Melawan Argentina
Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Luca Bruno

Bola.net - Pelatih Belanda, Louis van Gaal akan menuangkan visi barunya di perempat final Piala Dunia 2022. Melawan Argentina, van Gaal ingin timnya memainkan sepak bola modern dalam laga berat di Stadion Lusail pada Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Laga nanti akan menjadi pertemuan keenam antara Belanda dan Argentina sepanjang sejarah. Belanda terakhir kali bertemu pada Piala Dunia 2014 di babak semifinal. Saat itu Tim Oranje kalah lewat adu penalti oleh Lionel Messi dkk.

Jelang pertemuan lawan Argentina, banyak pihak yang melayangkan kritik terhadap permainan Belanda di Piala Dunia 2022. Namun van Gaal menerangkan bahwa sepak bola saat ini sudah berkembang sehingga Belanda tidak bisa memainkan permainan klasik kembali.

“Jauh lebih sulit untuk bermain menyerang seperti yang dulu dimainkan Ajax (Amsterdam). Jika anda gagal melihat itu (kualitas permainan Belanda), sangat sulit untuk memahami ini adalah jalannya (untuk jadi juara),” terang van Gaal dikutip dari Fotmob.

1 dari 2 halaman

Bermain Lebih Bertahan

Virgil Van Dijk menangi duel udara di matchday 2 Grup A Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Ekuador di Khalifa international Stadium, Jumat (25/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Themba Hadebe

Virgil Van Dijk menangi duel udara di matchday 2 Grup A Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Ekuador di Khalifa international Stadium, Jumat (25/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Themba Hadebe

Salah satu hal yang jelas berbeda dalam permainan Belanda di Piala Dunia 2022 yakni bermain lebih bertahan. Hal ini tentu saja berbeda dengan apa yang dilihat penggemar Belanda di Piala Dunia 2010 ke bawah.

Hal ini jelas merupakan ide sepak bola van Gaal yang dituangkannya mulai Piala Dunia 2014. Van Gaal yang memiliki segudang pengalaman merasa bermain lebih bertahan merupakan bagian dari perkembangan sepak bola modern.

“Ketika di (Piala Dunia) 2014, saya mulai mengembangkan sistem yang lebih bertahan, orang-orang mengkritik saya. Sekarang, separuh dunia memainkan sepak bola semacam itu. Sepak bola telah berkembang ke arah itu,” ujar van Gaal.

Apa yang diutarakan van Gaal saat ini benar-benar menjadi kenyataan. Sebagai contoh terbaik, Spanyol yang memainkan sepak bola menyerang harus takluk oleh Maroko dengan taktik garis pertahanan yang sangat rendah di babak 16 besar.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

2 dari 2 halaman

Kemenangan Lebih Penting Dari Sepak Bola Indah

Duel Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Francisco Seco

Duel Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Francisco Seco

Louis van Gaal tentu saja ingin memainkan sepakbola indah bersama timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Namun dirinya tidak memungkiri jika ada saatnya Belanda mengorbankan hal tersebut dan bermain lebih taktis demi mendapatkan kemenangan.

“Saya yakin kami bisa menangkap momen dan lolos. Kami jelas ingin memainkan permainan yang bagus, tapi saya pikir juga akan ada permainan taktis," terang van Gaal.

Belanda memang dikenal sebagai tim yang memainkan sepak bola menyerang dengan filosofi Total Football mereka. Namun van Gaal merasa saat ini Belanda tidak bisa memainkan filosofi itu lagi jika ingin juara Piala Dunia 2022.

“Sepak bola tidak lagi dimainkan seperti tahun 1988 atau 1974 atau apa pun. Kemudian itu adalah permainan terbuka, yang tidak (ada) lagi. Anda dapat memiliki segala macam pendapat tentang itu, tapi begitulah cara sepak bola berkembang,” tambah van Gaal.

Sumber: Fotmob

Penulis: Ahmad Daerobby

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR