BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Leonardo Bonucci: Memori Debut Italia, Gol ke Gawang Manuel Nuer, Laga ke-100

28-03-2021 07:30 | Gia Yuda Pradana

Bek Italia, Leonardo Bonucci (kanan) (c) AP Photo Bek Italia, Leonardo Bonucci (kanan) (c) AP Photo

Bola.net - Bek sentral 33 tahun tim nasional Italia, Leonardo Bonucci, baru-baru ini telah melakoni penampilannya yang ke-100 untuk Gli Azzurri. Pemain klub Juventus itu merasa begitu terharu.

Bonucci pun melihat kembali perjalanan kariernya bersama tim senior Italia. Dia berbagi sedikit cerita dari debutnya, di bawah kepelatihan Marcello Lippi dalam uji coba melawan Kamerun pada 3 Maret 2010.

Bonucci juga mengungkap salah satu gol yang paling berkesan dengan seragam Italia. Gol itu dicetaknya dari titik penalti ketika melawan Jerman di perempat final Euro 2016.

Gol itu menyamakan skor jadi 1-1, yang bertahan hingga habis waktu normal dan extra time. Italia akhirnya kalah adu penalti 5-6, dan Bonucci adalah salah satu algojo yang gagal di babak adu penalti tersebut.

1 dari 4 halaman

Penampilan ke-100 Bonucci

Pemain Italia merayakan gol ke gawang Irlandia Utara (c) AP Photo Pemain Italia merayakan gol ke gawang Irlandia Utara (c) AP Photo

Italia menjamu Irlandia pada matchday 1 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Jumat (26/3/2021). Italia menang 2-0 lewat gol-gol Domenico Berardi dan Ciro Immobile.

Bonucci dimainkan penuh di laga itu oleh pelatih Roberto Mancini. Laga itu sendiri bermakna spesial bagi Bonucci. Itu adalah laga yang menandai penampilannya yang ke-100 dengan seragam Gli Azzurri.

"Seluruh perjalanan karier saya dengan Azzurri terlintas di depan mata saya," kata Bonucci, seperti dikutip Football Italia.

"Harus saya akui, saya merasa sangat emosional di laga melawan Irlandia Utara itu."

2 dari 4 halaman

Debut Tak Terlupakan

Leonardo Bonucci (c) AFP Leonardo Bonucci (c) AFP

"Mustahil bagi saya untuk melupakan debut saya, 3 Maret 2010 di Monte Carlo, memakai seragam nomor 2 dengan tangan diperban," lanjut Bonucci.

"Saya harus akui, saya lebih merasa emosional di pertandingan ke-100 daripada yang pertama. Namun, bermain di samping Fabio Cannavaro (saat debut itu) adalah sesuatu yang cukup spesial."

Laga uji coba antara Italia dan Kamerun di Monaco yang juga menjadi ajang debut Bonucci itu berkesudahan 0-0.

3 dari 4 halaman

Gol Spesial

Leonardo Bonucci (c) AFP Leonardo Bonucci (c) AFP

"Penalti melawan Manuel Neuer dan Herman di Euro 2016 adalah yang paling spesial," kenang Bonucci.

"Saat bolanya masuk, saya merasa sangat lega. Saya sadar betapa pentingnya penalti itu."

"Itu memang tidak berakhir indah, tapi itu tetap merupakan salah satu kenangan terbaik saya."

4 dari 4 halaman

Harapan Bonucci untuk Italia

Italia (c) La Presse via AP Photo Italia (c) La Presse via AP Photo

"Saya mengharapkan hal-hal yang hebat, karena Italia telah melalui salah satu periode terburuk dalam sejarah saat gagal lolos ke Piala Dunia 2018," ujar Bonucci.

"Tim ini dan orang-orang Italia layak mendapatkannya. Kami ingin menebusnya."

"Kemudian, ada Euro, juga Nations League, dan Piala Dunia 2022. Kami ingin Italia dicintai dan dihormati lagi," pungkas Bonucci.

Sumber: Football Italia

KOMENTAR