Ledakan Thomas Muller di Piala Dunia 2010: Top Skor dan Pemain Muda Terbaik

Asad Arifin | 1 Agustus 2022, 15:14
 (c) AFP
(c) AFP

Bola.net - Piala Dunia 2010 meninggalkan kesan mendalam bagi Thomas Muller. Walau gagal membawa Timnas Jerman menjadi juara, Muller pada level individu mencatat prestasi yang luar biasa mentereng.

Piala Dunia yang digelar empat tahun sekali membuat para pemain menjadikannya gelar prioritas dalam karier mereka. Banyak pemain muda berlomba-lomba menjadi andalan negaranya dalam Piala Dunia.

Namun, pemain muda harus siap bersaing dengan para pemain veteran. Mereka juga ingin gelar Piala Dunia menjadi penutup manis karier sepak bola mereka. Kondisi ini yang membuat Piala Dunia selalu menarik dan sulit diprediksi.

Hal ini terjadi di Piala Dunia 2010 ketika pemain muda timnas Jerman meledak di Piala Dunia 2010. Bahkan, sosok bernama Thomas Muller itu bersanding dengan nama-nama besar seperti Diego Forlan, David Villa hingga Wesley Sneijder.

Muller bahkan melangkahi torehan empat gol seniornya, Miroslav Klose. bagaimana kisah heroik Thomas Muller di Afrika Selatan? berikut kisahnya.

1 dari 2 halaman

Muller Si Anak Baru

Siapapun tidak akan ada yang mengira pemain muda yang baru menginjak usia 20 tahun akan menjadi top skor Piala Dunia. Namun nyatanya Thomas Muller melakukannya di Piala Dunia 2010.

Uniknya lagi, Muller melakukan hal itu di tahun pertama debutnya di timnas Jerman. Bahkan Muller memulai debut hanya tiga bulan sebelum Piala Dunia dimulai.

Namun itu tidak menjadi penghalang bagi Muller menembus skuat utama Jerman. Bermodal tampil baik bersama Bayern Munchen membuat pelatih Jerman Joachim Low memasang Muller sebagai starter di Piala Dunia 2010.

2 dari 2 halaman

Gelar Top Skor dan Pemain Muda Terbaik

Bermain sebagai starter tentu menjadi kesempatan yang tak boleh dibuang Muller. Ia langsung membuktikan kualitasnya sejak pertandingan pertama dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Di babak 16 besar, Muller kembali mengamuk dengan menyumbangkan dua gol dan satu assist melawan Inggris. Muller sukses membawa kemenangan telak bagi Jerman atas Inggris dengan skor 4-1.

Di babak Delapan Besar, Muller kembali mencetak satu gol kala bertemu Argentina. Saat itu Jerman berhak lolos ke Semifinal setelah menang dengan skor telak 4-0.

Namun, Jerman harus tersingkir setelah kalah oleh Spanyol 1-0 di Semifinal. Muller kembali mencetak gol pada babak perebutan juara tiga kala melawan Uruguay. Muller mencetak satu gol dan memastikannya menjadi top skor Piala Dunia bersanding dengan Diego Forlan, David Villa dan Wesley Sneijder.

Muller juga dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010 atas kontribusi besarnya bagi timnas Jerman. Muller total mencetak lima gol dan tiga assist dalam enam pertandingannya bersama timnas Jerman.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR