Laga Seru 16 Besar Piala Dunia 2018: 7 Gol Tercipta pada Duel Prancis vs Argentina

Asad Arifin | 18 Agustus 2022, 15:05
Benjamin Pavard. (c) AP
Benjamin Pavard. (c) AP

Bola.net - Meskipun keluar sebagai juara Piala Dunia 2018, Prancis punya kenangan menegangkan. Itu terjadi ketika mereka harus bertarung di Babak 16 Besar Piala Dunia 2018.

Saat itu banyak tim unggulan kesulitan melaju di babak ini. Bahkan Portugal hingga Spanyol harus gugur di Babak 16 Besar atas lawannya.

Wakil Eropa Prancis juga menemui kesulitan di Babak 16 Besar. Prancis dengan skuat emasnya harus berhadapan dengan raksasa Amerika Selatan, Argentina.

Prancis kala itu harus menahan ambisi besar Lionel Messi dkk yang gagal di Final Piala Dunia 2014. Butuh empat gol bagi Prancis untuk menahan ambisi Argentina melaju lebih jauh di Piala Dunia 2018.

1 dari 2 halaman

Hujan Gol

Lionel Messi dan Ever Banega (c) AFP

Lionel Messi dan Ever Banega (c) AFP

Saat itu Prancis yang berstatus sebagai juara Grup C ditantang Argentina yang finish sebagai runner up Grup D. Bermodalkan hasil tak terkalahkan di Grup C serta materi pemain bintang membuat Prancis sedikit diunggulkan.

Awal pertandingan Prancis langsung mendominasi. Hasilnya gol Antoine Griezmann di menit 13 melalui penalti menandai keunggulan Prancis.

Namun Prancis dikagetkan gol penyama kedudukan Argentina sebelum babak pertama usai yang dicetak Angel Di Maria. Prancis juga harus tertinggal dengan gol Gabriel Mercado di awal babak kedua.

Namun Prancis menunjukan kelasnya dengan membalas tiga gol untuk membawa mereka unggul 4-2. Argentina yang mengejar sekuat tenaga hanya mampu menambah satu gol di menit 90+3 lewat Sergio Aguero.

Skor 4-3 bertahan hingga laga usai untuk kemenangan Prancis. Dengan hasil ini Les Blues berhak melaju ke Babak Delapan Besar menghadapi wakil Amerika Selatan lain, Uruguay.

2 dari 2 halaman

Mbappe Muda Pahlawan Prancis

Kylian Mbappe merayakan golnya ke gawang Argentina. (c) AP

Kylian Mbappe merayakan golnya ke gawang Argentina. (c) AP

Laga melawan Argentina menjadi ajang untuk pemain muda Prancis, Kylian Mbappe, bersinar. Pemain berusia 18 tahun itu diberikan kepercayaan oleh Didier Deschamps untuk menjadi starter.

Kepercayaan pelatih langsung dibayar tuntas oleh Mbappe. Ia keluar sebagai Man Of The Match pada laga ini dengan kontribusi dua gol penyelamat Prancis.

Mbappe mencetak gol di menit 64 dan 68 ketika Prancis masih bermain imbang 2-2 dengan Argentina. Tak hanya itu, Mbappe juga menjadi dalang gol pertama Prancis di babak pertama.

Saat itu Mbappe yang sedang melakukan akselerasi dihadang oleh bek Argentina. Mbappe yang terjatuh membuat wasit Alireza Faghani menghadiahi Prancis penalti.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR