Krisis Penyerang, Italia Bakal Pakai 'False 9' untuk Lawan Swiss?

Asad Arifin | 11 November 2021, 09:15
Para pemain Italia merayakan gol Nicolo Barella ke gawang Belgia di perebutan tempat ketiga UEFA Nations League di Juventus Stadium, Minggu (10/10/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Para pemain Italia merayakan gol Nicolo Barella ke gawang Belgia di perebutan tempat ketiga UEFA Nations League di Juventus Stadium, Minggu (10/10/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Roberto Mancini harus memutar otak jelang laga Timnas Italia melawan Swiss. Pasalnya, Mancini tidak punya stok penyerang tengah yang meyakinkan dan mungkin harus memakai 'false 9' di lini depan.


Italia akan berjumpa Swiss pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Sabtu (13/11/2021) pukul 02.45 dini hari WIB. Laga ini akan digelar di Stadion Olimpico, Roma.

Italia dan Swiss punya poin yang sama dan bersaing ketat di Grup C babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Keduanya telah mendapatkan 14 poin. Hal ini membuat duel nanti dipastikan bakal berjalan sengit karena kedua tim tengah berebut posisi puncak klasemen.

1 dari 3 halaman

Krisis Penyerang

Striker Timnas Italia, Ciro Immobile (c) AP Photo

Roberto Mancini harus kehilangan Ciro Immobile jelang duel melawan Swiss. Penyerang Lazio, yang kini menjadi top skor sementara Serie A, mengalami cedera dan harus meninggalkan kamp latihan Gli Azzurri.

Kehilangan Immobile menjadi faktor yang krusial. Sebab, walau performanya di timnas belum konsisten, Immobile jadi penyerang Italia paling tajam pada level klub. Dia lebih cemerlang jika dibanding Andrea Belotti.

Belotti baru mencetak dua gol bersama Torino di Serie A. Performanya tidak cukup meyakinkan di awal musim. Begitu juga dengan dua penyerang tengah lain yakni Gianluca Scamacca dan Giacomo Raspadori.

Scamacca (22 tahun) dan Raspadori (21 tahun) juga masih minim pengalaman. Akan sangat riskan jika mengandalkan duo Sassuolo itu pada laga yang sangat menentukan langkah Italia lolos ke Piala Dunia 2022.

2 dari 3 halaman

Pakai 'False 9'?

Mancini, dikutip dari Football Italia, mungkin akan mempertimbangkan opsi bermain tanpa penyerang tengah murni. Mancini akan memakai 'false 9' karena punya banyak pemain yang bisa memainkan peran itu.

Mancini bisa memainkan Lorenzo Insigne sebagai 'false 9'. Sebagai pengganti peran Isigne sebagai winger kiri, Mancini punya Federico Chiesa yang tampil bagus pada awal musim 2021/2022 bersama Juventus.

Di posisi winger kanan, Mancini punya Domeco Berardi. Jika memakinkan trio Chiesa, Insigne, dan Berardi, maka Mancini akan memainkan trio yang punya andil besar bagi sukses Italia di Euro 2020 lalu.

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain Italia Saat Berjumpa Swiss

Pemain Napoli, Lorenzo Insigne (c) AP Photo

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Acerbi, Emerson; Barella, Jorginho, Locatelli; Berardi, Insigne, Chiesa

Sumber: Football Italia

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR