Kisah Fans Bayaran Qatar di Piala Dunia 2022: Dari Negara Lain, Harus Hafal Lagu Kebangsaan

Anindhya Danartikanya | 1 Desember 2022, 13:06
Kisah Fans Bayaran Qatar di Piala Dunia 2022: Dari Negara Lain, Harus Hafal Lagu Kebangsaan
Suporter Qatar dalam laga kontra Ekuador di Grup A Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/2022). (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Bola.net - Timnas Qatar diketahui menyewa sekitar 1.500 orang dari negara lain untuk menjadi pendukung mereka di Piala Dunia 2022. Meski begitu, usaha fans bayaran ini tetap tak sanggup menambah semangat pesepak bola tuan rumah untuk meraih poin di rumah mereka sendiri.

Dari tiga laga pada babak penyisihan grup, Qatar yang berstatus tim debutan selalu menelan kekalahan. Mereka takluk 0-2 dari Ekuador, 1-3 dari Senegal, serta menyerah 0-2 dari Belanda.

Timnas Qatar menemani Afrika Selatan sebagai tuan rumah yang gagal lolos dari fase grup dalam sejarah Piala Dunia. Namun, Afrika Selatan mampu meraih satu poin saat bermain imbang 1-1 melawan Meksiko pada laga pembuka Piala Dunia 2010.

Qatar juga merupakan negara pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022. Meski selalu kalah, setiap pertandingan tim tuan rumah selalu dipenuhi para penonton.

Ada yang unik saat Qatar berlaga di Piala Dunia 2022, yakni ribuan orang berkaos merah berbaris rapi yang ternyata merupakan suporter bayaran. Lalu bagaimana Qatar mendapatkan orang-orang ini?

1 dari 3 halaman

Asal Negara

Maskot Piala Dunia 2022 Laeeb tampil pada opening ceremony di Al Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Manu Fernandez

Maskot Piala Dunia 2022 Laeeb tampil pada opening ceremony di Al Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Manu Fernandez

Tidak hanya dibayar, para suporter ini juga mendapatkan akomodasi gratis, makanan hingga tiket pertandingan. Total 1.500 suporter bayaran Qatar ini berasal dari berbagai negara seperti Lebanon, Mesir, Aljazair, dan Suriah.

Surat kabar Amerika itu juga melaporkan para suporter bayaran ini tiba di Qatar pada awal pertengahan Oktober. Mereka terlebih dahulu berlatih nyanyian dan mempelajari Lagu Kebangsaan Qatar hingga meniru 'budaya ultra'.

2 dari 3 halaman

Dukungan Negara Arab

Suporter Qatar dalam laga kontra Ekuador di Grup A Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/2022). (c) AP Photo/Hassan AmmarSuporter Qatar dalam laga kontra Ekuador di Grup A Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/2022). (c) AP Photo/Hassan Ammar

Seorang Ultra Lebanon yang tidak mau namanya disebut mengatakan dia datang ke Qatar bukan demi uang. Dia menyebut dukungan bagi negara tuan rumah karena ingin mensuport sesama tim Timur Tengah atau Arab.

"Ini adalah tugas kita untuk mendukung negara Arab. Kami berbagi bahasa yang sama. Kami berbagi budaya yang sama. Kami adalah jari di tangan yang sama. Kami ingin menunjukkan kepada dunia sesuatu yang istimewa. Anda akan melihat sesuatu yang istimewa," katanya.

3 dari 3 halaman

Banyak Kritikan

Timnas Qatar jelang duel lawan Ekuador di laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB.  (c) AP Photo/Ariel Schalit

Timnas Qatar jelang duel lawan Ekuador di laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ariel Schalit

Suporter bayaran ini adalah cara Qatar untuk menghentikan banyaknya kritikan kepada mereka. Pasalnya, selepas terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, datang kritikan jika Qatar tidak memiliki basis suporter sepak bola yang kuat.

Namun kenyataannya, suporter bayaran ini juga menimbulkan kontroversi yang lain. Bahkan, sebelum Piala Dunia dimulai, sejumlah suporter palsu telah berseliweran di negara petro dollar tersebut.

Dapatkan jadwal lengkap dan siaran langsung televisi Piala Dunia 2022 pada tautan ini

Semua pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar akan disiarkan di EMTEK Group yang meliputi SCTV, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola, dan Vidio.

Disadur dari: Bolacom (Suharno) | Dipublikasi: 1 Desember 2022 | Sumber asli: The Sun

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR