Kisah Ajaib Kosta Rika: Baru Buat Satu Shot on Target di Piala Dunia, Eh Bisa Kalahkan Jepang!

Richard Andreas | 27 November 2022, 21:30
Kisah Ajaib Kosta Rika: Baru Buat Satu Shot on Target di Piala Dunia, Eh Bisa Kalahkan Jepang!
Duel antarpemain di laga Jepang vs Kosta Rika, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Francisco Seco

Bola.net - Kosta Rika menunjukkan semangat juang luar biasa untuk membekuk Jepang dengan skor tipis 1-0 dalam duel matchday 2 Grup E Piala Dunia 2022, Minggu (27/11/2022) malam WIB.

Pertandingan ini krusial bagi Kosta Rika. Mereka wajib menghindari kekalahan untuk terus melangkah di Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Jepang bisa lolos ke babak 16 besar andai menang.

Jepang tampil dominan di segala sisi, tapi final pass dan finishing mereka buruk. Justru Kosta Rika yang bisa mencetak gol semata wayang lewat aksi Keysher Fuller di menit ke-81.

Kemenangan ini terasa begitu manis bagi Kosta Rika yang akhirnya bisa meraih 3 poin dan tampil percaya diri.

1 dari 2 halaman

Shot on target pertama, kalahkan Jepang

Kosta Rika memulai turnamen dengan cara terburuk. Keylor Navas dkk. dicukur Spanyol dengan skor telak 0-7 di matchday 1. Kepercayaan diri pemain lesu.

Di laga tersebut, Kosta Rika tidak berkutik menghadapi dominasi Spanyol. Mereka sama sekali tidak melepaskan percobaan tembakan, apalagi tembakan tepat sasaran (shot on target).

Masalah tersebut jelas perlu diperbaiki Kosta Rika di laga lawan Jepang. Mereka mengubah gaya bermain jadi lebih defensif, membiarkan Jepang membawa bola.

Hasilnya, Keysher Fuller berhasil mencetak gol kemenangan di menit ke-81. Menariknya, gol tersebut sekaligus jadi shot on target pertama Kosta Rika dan satu-satunya di Piala Dunia 2022 sejauh ini.

2 dari 2 halaman

Klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022

Jika diperhatikan, persaingan di klasemen sementara cukup menarik. Spanyol bakal bertanding lawan Jerman pada Senin (28/11/2022) dini hari nanti di laga penentu.

Laga tersebut krusial, nasib kedua tim dipertaruhkan. Spanyol akan memastikan langkah ke babak 16 besar jika menang. Jerman bakal tersingkir dari Piala Dunia 2022 jika sampai kalah.

Selanjutnya, di matchday 3 nanti, Jepang akan menghadapi Spanyol, Kosta Rika melawan Jerman. Pertandingan ketiga inilah yang bisa jadi laga penentu.

Andai terwujud skenario Spanyol lolos dan Jerman tersingkir maka di laga terakhir tinggal Jepang dan Kosta Rika yang berebut satu tiket sisa ke babak 16 besar.

Sumber: Bola, FIFA

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR