Kevin De Bruyne, Penghancur Mimpi Brasil di Piala Dunia 2018

Asad Arifin | 19 Agustus 2022, 15:11
Kevin De Bruyne (c) AP
Kevin De Bruyne (c) AP

Bola.net - Brasil kembali harus menelan pil pahit di Piala Dunia 2018 ketika melawan wakil Eropa, Belgia. Sebelumnya Brasil juga ditumbangkan dengan tujuh gol Jerman di kandang mereka sendiri pada Piala Dunia 2014.

Berstatus sebagai tim unggulan, Brasil tentu saja akan membalas dendam empat tahun lalu di tanah Eropa, Rusia. Namun sayang sekali, skuat emas Brasil harus kalah saat diadu dengan skuat emas Belgia.

Saat itu timnas Belgia memang sedang tampil trengginas dengan menyapu bersih semua laga penyisihan dengan kemenangan. Namun juara lima kali Piala Dunia, Brasil juga keluar sebagai juara grup meski tak menyapu bersih dengan kemenangan.

Bertemu di babak Perempat Final, Brasil harus takluk dengan skor tipis 2-1 atas Belgia. Gol gelandang serang kreatif milik Belgia Kevin De Bruyne menghancurkan mimpi Brasil untuk balas dendam di Eropa.

1 dari 2 halaman

Unggul Dua Gol di Babak Pertama

Sejak menit peluit tanda laga dimulai, kedua tim langsung tampil terbuka. Belgia dan Brasil langsung jual beli serangan di awal laga dengan menciptakan beberapa peluang.

Brasil hampir saja membobol Belgia di menit delapan melalui tandukan Thiago Silva yang terkena tiang gawang. Namun lima menit berselang justru Belgia yang membobol gawang Alisson Becker. Gol sundulan Vincent Kompany membawa Belgia unggul 1-0.

Petaka bagi Brasil kembali datang di menit 30. Kali ini Kevin De Bruyne memperlebar kedudukan Belgia dengan golnya. Skor 2-0 untuk Belgia bertahan hingga babak pertama berakhir.

2 dari 2 halaman

Solo Run Lukaku, Tendangan De Bruyne

Brasil yang asik menyerang saat itu kembali harus kebobolan. Skema serangan balik yang dilancarkan Belgia berbuah gol kedua bagi mereka.

Lukaku yang memimpin skema tersebut berhasil melewati beberapa pemain Brasil yang sedang transisi. Lukaku yang berlari dari lini pertahanan Belgia berhasil mengirim umpan ke Kevin De Bruyne di sisi sebelah kiri pertahanan Brasil.

De Bruyne yang punya kualitas tendangan yang super kuat dan akurat, tanpa ragu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Marcelo yang coba menghadang sepakan keras kaki kanan De Bruyne pun tak mampu menyentuh bola.

Alisson yang menjaga gawang Brasil tak dapat meraih derasnya tendangan De Bruyne. Bola dengan indah masuk ke kanan gawang Brasil.

Unggul 2-0 di babak pertama membuat Belgia bermain lebih bertahan. Brasil hanya mampu membalas satu gol di menit 76 lewat sundulan Renato Augusto. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Belgia tidak berubah.

Belgia berhak masuk Semifinal menghadapi Prancis. Sementara Brasil harus menunggu empat tahun lagi untuk membalas dendam mereka terhadap wakil Eropa di Qatar nanti.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR