Ketika Polandia dan Robert Lewandowski Tidak Berdaya di Piala Dunia 2018

Serafin Unus Pasi | 30 Agustus 2022, 17:35
Polandia (c) AFP
Polandia (c) AFP

Bola.net - Robert Lewandowski memang salah satu striker tertajam di musim 2017/18. Namun ketajamannya itu seakan tidak ada taringnya di turnamen Piala Dunia 2018.

Lewandowski harus menanggung malu ketika gagal membawa Polandia melangkah jauh di Piala Dunia 2018. Polandia bahkan harus kesulitan untuk bertahan di Fase Grup.

Tergabung di Grup H, Polandia punya kesempatan besar untuk lolos ke babak 16 besar. Mereka tidak melawan tim favorit juara seperti Jerman, Brasil ataupun Prancis.

Polandia bertarung dengan tim seperti Senegal, Kolombia dan Jepang. Alih-alih diunggulkan lolos, Polandia justru jadi juru kunci Grup H Piala Dunia 2018.

1 dari 3 halaman

Polandia Gugur Lebih Awal

Polandia yang tampil dengan Robert Lewandowski secara mengejutkan berakhir di posisi buncit Grup H. Polandia bahkan dinyatakan gugur sebelum menjalani laga akhir Grup H.

Polandia menderita dua kekalahan di laga awal sekaligus. Mereka kalah 2-1 oleh Senegal di laga perdana dan kalah telak 3-0 oleh Kolombia di laga kedua.

Jepang dan Senegal yang masing-masing mengoleksi empat poin dipastikan tak akan terkejar oleh Polandia. Lewandowski dkk pun dinyatakan gugur lebih awal di Piala Dunia 2018.

2 dari 3 halaman

Lewandowski Tak Mampu Cetak Gol

Striker bintang kurang pantas disematkan pada nama Robert Lewandowski di Piala Dunia 2018. Pasalnya, Lewandowski tidak mencetak satu gol pun dari tiga laga Polandia di Rusia.

Lewandowski yang ditunjuk sebagai kapten nyatanya gagal sebagai striker di Piala Dunia 2018. Padahal Lewandowski tampil baik di Bayern Munchen di musim 2017/2018.

Lewandowski mampu mencetak 41 gol selama satu musim bersama Bayern Munchen. Namun itu hanya menjadi angka ketika ia gagal mencetak satu gol pun di Piala Dunia 2018.

Bahkan Lewandowski menjadi top skor di Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Kontribusi besar Lewandowski sekaligus mengantarkan Polandia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

3 dari 3 halaman

Polandia Miskin Gol

Tak hanya berakhir sebagai juru kunci, Polandia juga menjadi tim yang miskin gol di Grup H. Polandia hanya sanggup mencetak dua gol dari tiga laga.

Striker kenamaan mereka, Robert Lewandowski bahkan tak mampu mencetak satu gol pun. Mandulnya permainan Lewandowski disinyalir menjadi sebab Polandia miskin gol.

Selama ini Polandia memang mengandalkan Lewandowski sebagai pencetak gol. Polandia yang lolos ke Piala Dunia 2018 tak lepas dari kontribusi Lewandowski yang mencetak 16 gol.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR