Keputusan Tegas Gareth Southgate: Trent Alexander-Arnold Bukan Pilihan Utama Bek Kanan Timnas Inggris

Abdi Rafi Akmal | 26 September 2022, 10:23
Keputusan Tegas Gareth Southgate: Trent Alexander-Arnold Bukan Pilihan Utama Bek Kanan Timnas Inggris
Pemain Liverpool, Trent Alexander-Arnold berbicara dengan wasit Michael Oliver di laga melawan MU pada pekan 3 Liga Inggris 2022-2023. (c) AP Photo

Bola.net - Posisi bek kanan timnas Inggris nanti akan sangat menarik. Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memastikan bahwa Trent Alexander-Arnold bukan pemain pilihan utama di Piala Dunia 2022.

Padahal, TAA dalam beberapa tahun terakhir seringkali dicap sebagai bek kanan terbaik di Liga Inggris. Pemain berusia 23 tahun ini sudah jadi pilihan utama di Liverpool dan sudah memenangkan enam trofi tim sejauh ini.

TAA juga dikenal rajanya assist. Ia lebih dari piawai dalam melepaskan umpan-umpan silang akurat dan seringnya dipercaya jadi eksekutor bola-bola mati.

Di balik performanya yang impresif itu, TAA tidak jadi anak emas Southgate di Inggris. Meskipun dirinya lumayan sering dipanggil, tidak ada garansi posisi di tim utama.

1 dari 3 halaman

Beda Gaya Main

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. (c) AP Photo

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. (c) AP Photo

Southgate menegaskan bahwa gaya main yang diperlukan dari seorang TAA di Inggris berbeda dengan yang biasa dimainkan di Liverpool. Ini jadi alasan mendasar sang pemain jarang diberi kesempatan tampil.

“Saya sebenarnya tidak melihat ada resiko jika harus memainkannya. Tapi, saya memiliki gaya permainan dan cara bermain sendiri untuk bisa menemukan keseimbangan di dalam tim,” ucapnya dilansir dari The Mirror.

“Di Liverpool, mereka bisa menemukan cara bermain terbaik untuk mengeluarkan atribut terbaik yang dimilikinya. Saya rasa, di setiap tim juga akan melakukan hal yang sama, termasuk di Inggris.”

2 dari 3 halaman

Punya Profil Pemain yang Berbeda

Federico Dimarco berduel dengan Reece James di laga Italia vs Inggris, UEFA Nations League 2022 (c) AP Photo

Federico Dimarco berduel dengan Reece James di laga Italia vs Inggris, UEFA Nations League 2022 (c) AP Photo

Di satu sisi, Southgate memuji atas kemampuan yang dimiliki oleh TAA. Sang pemain diakuinya bisa saja berguna di pertandingan tertentu yang sangat mengandalkan kemampuannya tersebut.

Namu di sisi lain, Southgate mengaku punya banyak profil yang berbeda di bek kanan. Perbedaan ini lah yang membuatnya nyaman untuk memilih pemain yang paling cocok untuk dimainkan.

“Dia [TAA] memang memiliki jangkauan umpan yang fantastis. Kami diberkati dengan profil pemain yang berbeda di posisi itu. Jadi kalau kami ingin bermain dengan bek sayap, Trippier dan James punya kemampuan yang luar biasa,” katanya.

3 dari 3 halaman

Baru 17 Kali

Full-back Timnas Inggris Kyle Walker. (c) AP Photo

Full-back Timnas Inggris Kyle Walker. (c) AP Photo

Selama Southgate memegang Inggris sejak 2016 lalu, TAA baru diberi kesempatan bermain sebanyak 17 kali. Jumlah ini kalah impresif dengan pemain lain di posisi yang sama.

James yang disinggung oleh Southgate memiliki jumlah penampilan yang lebih sedikit. Bek kanan Chelsea itu baru bermain sebanyak 14 kali.

Kyle Walker jadi pemain yang seringnya dipercaya di posisi tersebut dengan total bermain sebanyak 49 kali. Kieran Trippier menguntit di bawahnya dengan 37 penampilan.

Sumber: The Mirror

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR