Kala Wesley Sneijder Mengobrak-abrik Brasil di Perempat Final Piala Dunia 2010

Asad Arifin | 16 Agustus 2022, 15:28
Wesley Sneijder (c) Ist
Wesley Sneijder (c) Ist

Bola.net - Timnas Belanda di Piala Dunia 2010 memang sangat mengerikan. Tampil dengan skuat emasnya, Belanda sanggup melibas lawan-lawannya tanpa kesulitan walau akhirnya gagal juara.

Belanda bahkan sanggup mengobrak-abrik juara Piala Dunia lima kali Brasil di Perempat Final. Pada laga itu, Wesley Sneijder yang tampil on-fire bermain memuaskan.

Sneijder menjadi pahlawan Belanda dengan dua gol yang ia sumbangkan. Dua gol Sneijder juga mengantarkan Belanda ke Semifinal setelah menang atas Brasil 2-1.

Penampilan apik Sneijder sangat menyulitkan Brasil saat itu. Pergerakan dan kreativitas Sneijder mengobrak-abrik lini pertahanan Brasil sehingga berbuah dua gol.

Dua gol itu juga membuat Sneijder dinobatkan sebagai Man of the Match laga tersebut. Gol itu juga menjadi sinyal bahwa dirinya merupakan gelandang serang mematikan yang harus diwaspadai Uruguay di Semifinal.

1 dari 3 halaman

Sneijder Membawa Belanda Comeback

Belanda memang menjalani babak Penyisihan Grup dengan relatif mudah. Menyapu bersih kemenangan, Belanda mampu mengalahkan Denmark, Kamerun dan Jepang di Grup B.

Namun memasuki babak knock-out, Belanda mulai kesulitan. Puncaknya saat melawan Brasil, mereka harus tertinggal lebih dulu oleh gol Robinho di menit 10.

Belanda yang babak belur di babak pertama, keluar menyerang di babak kedua. Hasilnya gelandang serang andalan mereka Wesley Sneijder berhasil melesakkan dua gol ke gawang brasil.

2 dari 3 halaman

Umpan yang Berujung Gol

Gol penyama kedudukan Belanda dicetak Sneijder pada menit 53. Saat itu Arjen Robben yang hendak melakukan penetrasi menarik kembali bola ketengah.

Sneijder yang mendapat bola dari Robben berniat memberikan umpan lambung ke mulut gawang. Disana sudah ada tiga pemain Belanda yang menunggu umpan Sneijder.

Alih-alih menjadi assist bagi rekannya, umpan Sneijder justru menjadi gol. Julio Cesar yang menjadi kiper Brasil salah melakukan antisipasi sehingga bola umpan Sneijder masuk ke gawang langsung.

3 dari 3 halaman

Gayung Bersambut

Gol kedua Sneijder tak kalah cantic dari gol pertamanya. Ia mencetak gol tersebut melalui sundulan kepala di menit 68.

Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Arjen Robben, bola melengkung ke arah mulut gawang Brasil. Disana Dirk Kuyt berhasil menyambut bola dengan sundulan.

Bukan langsung menuju ke arah gawang sundulan Kuyt justru membelokan arah sedikit menuju kepala Sneijder. Belokan bola yang mengelabui bek Brasil berhasil disundul oleh Sneijder hingga berbuah gol kedua untuk Belanda.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR