Jurgen Klopp Dikaitkan Jadi Pelatih Timnas Jerman

Abdi Rafi Akmal | 3 Desember 2022, 06:47
Jurgen Klopp Dikaitkan Jadi Pelatih Timnas Jerman
Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Bola.net - Pencapaian Jerman di Piala Dunia 2022 sangat mengecewakan. Skuad asuhan Hansi Flick itu tersingkir di fase grup. Sebagai bentuk evaluasi, nama Jurgen Klopp muncul ke permukaan dan dikaitkan jadi pelatih Der Panzer selanjutnya.

Jerman baru saja mengulang kisah kelamnya di Piala Dunia 2018, yaitu tersingkir di fase grup. Jerman harus puas hanya berada di peringkat ke-3 klasemen akhir Grup E, di bawah Jepang sebagai juara grup dan Spanyol sebagai runner-up.

Poin yang diperoleh Jerman dan Spanyol sebenarnya sama. Kedua tim sama-sama mengumpulkan empat poin. Akan tetapi, Jerman kalah dari selisih gol.

Kegagalan lolos ke babak 16 besar membuat publik mulai menuntut Flick mundur dari jabatannya, Kejeniusannya saat menukangi Bayern Munchen dianggap tidak menular ke timnas Jerman.

1 dari 3 halaman

Klopp Jadi Kandidat

Di tengah ramainya isu pemecatan Flick, nama Klopp kemudian muncul. Pelatih Liverpool itu kebetulan adalah orang Jerman asli. Jadi rumor tersebut bisa dimengerti.

Meski demikian, agennya Klopp, Marc Kosicke mencoba membantah rumor tersebut. Dia menegaskan bahwa Klopp akan menuntaskan kontraknya di Liverpool.

“Ini semua topiknya media. Jurgen [Klopp] punya kontrak di Liverpool sampai 2026 dan dia berniat memenuhinya,” katanya kepada Sky Sports.

2 dari 3 halaman

Flick Enggan Mundur

Pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2022: Hansi Flick (c) AP Photo/Martin Meissner

Pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2022: Hansi Flick (c) AP Photo/Martin Meissner

Di sisi lain, Flick menyatakan tidak berniat mundur dari kursi kepelatihan Jerman. Ia masih ingin menukangi Der Panzer sampai kontraknya habis pada 2024 mendatang.

Itu berarti, Jerman akan sangat mengandalkan Flick untuk meloloskan mereka ke putaran final Euro 2024 mendatang jika memang sang pelatih tidak mundur.

“Saya akan menghormati kontrak saya di sini sampai 2024. Saya ingin membawa tim ini ke Euro 2024,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Tiga Pelatih Mundur

Sementara itu, Piala Dunia 2022 menjadi ajang terakhir bagi tiga pelatih tim nasional. Tersingkir terlalu dini menyebabkan mereka tidak lagi menangani tim nasional setelahnya.

Gerardo Martino lebih dulu meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Meksiko usai tersingkir dari Grup C. Kontraknya habis setelah Piala Dunia 2022.

Kemudian, Roberto Martinez juga mundur dari kursi kepelatihan Belgia akibat gagal membawa Belgia lolos dari Grup F. Terakhir, pelatih Ghana Otto Addo juga habis kontraknya setelah menempati posisi juru kunci Grup H.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR