Joga Bonito x Tiki-Taka, Timnas Brasil Tertarik Rekrut Josep Guardiola!

Yaumil Azis | 8 April 2022, 13:33
Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo
Manajer Manchester City Josep Guardiola. (c) AP Photo

Bola.net - Tantangan menarik mampir ke hadapan pelatih Manchester City, Josep Guardiola. Laporan menyebutkan kalau pria asal Spanyol tersebut masuk dalam daftar suksesor Tite di Timnas Brasil.


Masa jabatan Tite di Selecao hanya akan berlangsung sampai Piala Dunia 2022. Itulah kenapa Brasil sedang sibuk mencari pelatih baru yang bakal memimpin Neymar dkk dalam ajang internasional.

Marca melaporkan kalau Timnas Brasil sudah menghubungi pihak Manchester City. Disebutkan bahwa mereka sanggup membayar kompensasi 10 juta pounds untuk menjadikan Guardiola sebagai pengganti Tite.

Namun sejauh yang diketahui Goal International, Brasil belum melakukan pendekatan apapun terhadap Guardiola. Tapi yang pasti, mereka sangat tertarik membawa pencetus skema tiki-taka itu ke Brasil.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tidak Masalah Diasuh Pelatih Asing

Nama Guardiola muncul sebagai kandidat yang diajukan oleh mantan presiden CBF (federasi sepak bola Brasil), Rogerio Caboclo. Sebenarnya rumor ini terdengar cukup aneh, karena Guardiola tidak memiliki kewarganegaraan Brasil.

Memang, praktik pelatih asing buat tim nasional lumrah terjadi di dunia sepak bola. Namun negara sekelas Brasil memiliki banyak pelatih berkualitas seperti Luiz Felipe Scolari dan Dunga yang sering bolak-balik ke timnas.

Sepanjang sejarah, Brasil cuma pernah diasuh pelatih asing sebanyak tiga kali. Mereka adalah Ramon Platero (Uruguay, 1925), Joreca (Portugal, 1944), dan Filpo Nunez (Argentina, 1965). Jadi, kalau benar diangkat, Guardiola akan jadi pelatih asing pertama Brasil setelah 57 tahun lamanya.

Pengangkatan Guardiola sebagai pengganti Tite pun sepertinya takkan menjadi masalah buat Brasil. Apalagi presiden federasi yang sekarang, Ednaldo Rodrigues, tidak menutup pintu buat pelatih asing untuk menukangi Selecao.

2 dari 2 halaman

Guardiola Tidak Tertarik

Masalahnya terletak pada keinginan Guardiola. Baru-baru ini, ia ditanya soal kemungkinan menerima pinangan Brasil dan langsung menutup perbincangan dengan singkat.

"Brasil memiliki pelatih asal Brasil yang harus menjadi pelatih tim nasional. Ada banyak pelatih Brasil yang bagus-bagus. Debat ditutup," katanya kepada TNT Sports.

Tite sendiri sempat diisukan akan ke Arsenal menggantikan Mikel Arteta setelah masa jabatannya di Brasil berakhir. Tapi rumor tersebut langsung dibantah oleh pria berumur 60 tahun tersebut.

"Saya meminta maaf kepada Arsenal, tapi informasi [yang berkata saya tertarik melatih Arsenal] tidak datang dari kami dan sama sekali bukan apa-apa," kata Tite.

(Goal International)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR