J.League adalah Cerminan Sukses Jepang Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022

Asad Arifin | 1 April 2022, 14:50
Aksi pemain J.League pada musim 2021/2022 (c) J League
Aksi pemain J.League pada musim 2021/2022 (c) J League

Bola.net - Aroma J.League begitu terasa dalam Timnas Jepang yang baru-baru ini berhasil mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Jepang lolos setelah menang 2-0 atas Australia dalam pertandingan terakhir Kualifikasi Putaran Ketiga Zona Asia, Kamis (24/3/2022).

Tambahan tiga poin itu membuat Samurai Blue finis di peringkat kedua Grup B, kualifikasi putaran final. Asia mendapatkan jatah 4,5, tidak termasuk tuan rumah Qatar untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Qatar 2022 pun resmi menjadi Piala Dunia ketujuh bagi Jepang. Negeri Matahari Terbit kali pertama lolos ke Piala Dunia pada 1998 di Prancis dan sejak itu tidak pernah absen.

Konsistennya Jepang selalu lolos ke Piala Dunia tampaknya tidak lepas dari terus berkembangnya J.League. Kompetisi profesional kasta tertinggi di Jepang itu digelar mulai 1993.

Hingga sekarang, mayoritas pemain dalam Timnas Jepang beredar di J.League. Hampir semua pemain yang dibawa pelatih Hajime Moriyasu pernah atau sedang memperkuat tim J.League.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Pahlawan Lawan Australia

Kaoru Mitoma merupakan pahlawan Jepang ketika mengalahkan Australia. Ia berhasil menjaringkan dua gol ke gawang Negeri Kanguru.

Kaoru Mitoma adalah produk asli Kawasaki Frontale yang sekarang kontraknya dimiliki Brighton and Hove Albion. Untuk statusnya saat ini adalah pemain pinjaman di Royale Union SG, Belgia.

Pemain berusia 24 tahun itu mengawali karier di Kawasaki Frontale pada 2018. Setelah itu membawa Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2020, untuk kemudian mengadu nasib ke Inggris.

2 dari 2 halaman

Pemain J.league Bisa Diandalkan

Para pemain yang pernah bermain di J.League dalam Timnas Jepang juga banyak. Misalnya Takumi Minamino, Eiji Kawashima, Maya Yoshida, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Junya Ito, hingga Takuma Asano.

Sementara untuk pemain yang masih aktif beredar di J.League dalam skuad Jepang setidaknya ada delapan. Mereka adalah Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), Kosei Tani (Shonan Bellmare), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Sho Sasaki (Sanfrecce Hiroshima), Shinnosuke Nakatani (Nagoya Grampus), dan Ayase Ueda (Kashima Antlers).

Oleh karena itu, lolosnya Jepang membuat aroma J.League akan kembali terasa saat Piala Dunia 2022 Qatar. Ajang ini akan berlangsung pada November-Desember mendatang.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR