Inilah Hasil Drawing Piala Dunia 2022

Anindhya Danartikanya | 2 April 2022, 00:49
Presiden FIFA, Gianni Infantino memberikan sambutan dalam drawing Piala Dunia 2022 di Qatar, Jumat (1/4/2022) malam WIB. (c) AP Photo
Presiden FIFA, Gianni Infantino memberikan sambutan dalam drawing Piala Dunia 2022 di Qatar, Jumat (1/4/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Drawing Piala Dunia 2022 telah selesai digelar. Bertempat di Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, pada Jumat (1/4/2022) malam WIB, inilah hasil drawing Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada akhir tahun ini.


Sebagai informasi, EMTEK Group bakal menayangkan secara eksklusif putaran final Piala Dunia 2022 akhir tahun nanti. Jadi pastikan kalian memantau kabar terbaru seputar Piala Dunia 2022 di Bola.net

Beberapa undian menarik tersaji pada drawing Piala Dunia 2022 kali ini. Dipandu oleh aktor papan atas dari London, Idris Elba dan penyiar olahraga Reshmin Chowdhury, tercipta duel Spanyol vs Jerman di Grup E.

Sementara untuk acara undiannnya sendiri dipandu oleh eks gelandang Timnas Inggris, Jermaine Jenas. Ia dibantu oleh Carli Lloyd, pemenang dua kali juara dunia sepak bola wanita.

Mereka juga dibantu sejumlah legenda sepak bola dunia; Cafu (Brasil), Jay Jay Okocha (Nigeria), Lothar Matthaus (Jerman Barat), Alie Daei (Iran), Adel Ahmed Malallah (Qatar), Tim Cahill (Australia), hingga Bbora Milutinovic (Serbia).

Sebanyak 29 negara sudah memastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Masih ada tiga tiket lain yang bakal diperebutkan lewat playoff Piala Dunia 2022 pada Juni 2022 mendatang. Berikut hasil drawing Piala Dunia 2022 selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Aturan Drawing Piala Dunia 2022

Dalam undian ini, 32 negara yang lolos ke Piala Dunia dibagi ke dalam empat pot yang berisi delapan negara. Tim-tim yang diambil dari setiap pot akan dialokasikan ke dalam delapan grup.

Pot 1 berisikan sang tuan rumah Qatar. Lalu ada tujuh tim dengan peringkat tertinggi di FIFA.

Pot 2 diisi oleh delapan tim berperingkat tertinggi berikutnya dan Pot 3 berisi delapan tim berperingkat terbaik berikutnya setelah itu. Pot 4 termasuk lima tim berperingkat tertinggi berikutnya bersama dengan placeholder untuk dua pemenang play-off antarbenua dan pemenang play-off UEFA terakhir.

Pot 1 dikosongkan terlebih dahulu, diikuti oleh Pot 2, lalu Pot 3 dan terakhir Pot 4. Prosedurnya yakni sebuah bola diambil dari pot tim dan kemudian dialokasikan ke salah satu dari delapan grup, dari A ke H.

Sebagai tuan rumah, Qatar diberi bola berwarna berbeda. Mereka dialokasikan untuk posisi A1. Tujuh tim tersisa dialokasikan dari Grup B sampai H.

Dalam undian ini, FIFA secara umum hanya menempatkan satu tim dari tiap zona kualifikasi ke dalam satu grup. Contohnya, dari zona Conmebol, Brasil tak akan bisa dipertemukan dengan Ekuador.

Akan tetapi perkecualian diberikan pada tim-tim dari zona UEFA. Setiap grup harus memiliki setidaknya satu, tetapi tidak bisa lebih dari dua tim dari zona tersebut. Ada 13 tim dari Eropa, ini artinya dari delapan grup akan ada lima di antaranya yang memiliki dua perwakilan dari benua Biru.

2 dari 4 halaman

Duel Spanyol vs Jerman

Dari hasil undian ini, bisa dibilang tak ada grup neraka. Akan tetapi hasil undian yang paling menarik mungkin tersaji di Grup E.

Pasalnya ada Spanyol yang akan bersua Jerman. Bisa dibilang ini seperti pertemuan Barcelona vs Bayern Munchen.

Laga yang cukup menarik lainnya tersaji di Grup A. Ada Senegal yang akan bersua dengan Belanda. Sadio Mane akan berduel melawan rekannya di Liverpool yakni Virgil Van Dijk.

Sementara itu ada grup lain yang cukup menarik yakni Grup G. Sebab Brasil harus berhadapan dengan Serbia, Swiss, dan Kamerun.

3 dari 4 halaman

Hasil Drawing Piala Dunia 2022

Acara undian fase grup Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Jumat (01/04/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Grup A

  1. Qatar
  2. Ekuador
  3. Senegal
  4. Belanda

Grup B

  1. Inggris
  2. Iran
  3. Amerika Serikat
  4. Playoff Eropa (Wales/skotlandia/Ukraina)

Grup C

  1. Argentina
  2. Arab Saudi
  3. Meksiko
  4. Polandia

Grup D

  1. Prancis
  2. IC Playoff 1 (Pemenang Peru vs Pemenang Australia vs UEA)
  3. Denmark
  4. Tunisia

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR