BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ini Lima Gol Terbaik Maradona di Piala Dunia Pilihan FIFA

26-11-2020 18:22 | Serafin Unus Pasi

Legenda Argentina, Diego Maradona. (c) AP Photo Legenda Argentina, Diego Maradona. (c) AP Photo

Bola.net - Sepanjang kariernya di lapangan hijau, Diego Armando Maradona tak hanya menjadi andalan bagi timnya. Si Tangan Tuhan juga menjadi andalan bagi Timnas Argentina.

Dalam kariernya, Maradona tercatat 91 kali bermain membela Tim Tango. Dalam nyaris dari seratus penampilan tersebut, ia mencetak 34 gol.

Dari 34 gol tersebut, ada delapan gol yang ia cetak pada ajang Piala Dunia. Total, ia sempat tampil 21 kali dalam empat gelaran ajang sepak bola paling akbar di dunia tersebut.

Dari delapan gol Maradona pada gelaran Piala Dunia, FIFA memilih lima gol terbaik. Cuplikan gol-gol ini diunggah melalui akun Youtube resmi mereka, FIFATV.

Gol Maradona mana sajakah yang masuk dalam pilihan FIFA tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1986 - Argentina vs Italia

Argentina bertemu dengan Italia pada fase Grup A Piala Dunia 1986. Pertandingan ini dihelat di Estadio Cuauhtémoc, Puebla, 5 Juni 1986.

Pada pertandingan ini, Argentina bermain imbang 1-1 dengan Italia. Mereka tertinggal lebih dahulu melalui eksekusi Alessandro Altobelli pada menit enam. Namun, Maradona sukses menyamakan kedudukan pada 34.

Maradona mencetak gol ini dengan sangat cantik. Usai menerima umpan terobosan dari gelandang Argentina, tanpa mengontrol bola terlebih dulu, Maradona langsung melepas sepakan ke gawang yang mengecoh bek Gaetano Scirea dan kiper Giovanni Galli.

2 dari 5 halaman

1982 - Argentina vs Hungaria

Argentina bertemu dengan Hungaria pada Grup 3 Piala Dunia 1982. Pertandingan ini dihelat di Estadio José Rico Pérez, Alicante, 18 Juni 1982.

Dalam pertandingan ini, Argentina menang dengan skor 4-1. Dua gol pada laga ini dicetak Maradona. Sementara, dua gol lain dicetal Osvaldo Ardiles dan Daniel Bertoni.

Yang menjadi gol pilihan FIFA adalah gol pertama Maradona pada laga ini. Menerima umpan terobosan Mario Kempes, Maradona langsung melesat ke sisi kanan pertahanan Hungaria. Begitu masuk kotak penalti, ia melepas sepakan dengan kaki kirinya. Derasnya laju bola membuat kiper Hungaria, Ferenc Mészáros tak bisa mengantisipasinya.

3 dari 5 halaman

1994 - Argentina vs Yunani

Argentina bertemu dengan Yunani pada Grup D Piala Dunia 1994. Pertandingan ini dihelat di Foxboro Stadium, Foxborough, 21 Juni 1994.

Pada laga ini, Argentina menang empat gol tanpa balas. Tiga gol Gabriel Batistuta dan satu gol Maradona membawa Tim Tango meraih poin penuh pada laga tersebut.

Gol Maradona pada laga ini tercipta melalui proses yang sangat spesial. Tak hanya mengandalkan liukan Maradona dalam menusuk pertahanan lawan, gol ini merupakan buah kerja sama rapi para penggawa Argentina. Memanfaatkan umpan Fernando Redondo, Maradona merobek gawang Yunani yang dikawal Antonis Minou.

Bagi Maradona, gol ini sangat berkesan. Pasalnya, ini gol terakhirnya bagi Timnas Argentina.

4 dari 5 halaman

1986 Argentina vs Belgia

Argentina menghadapi Belgia pada Semifinal Piala Dunia 1986. Pertandingan ini dihelat di Estadio Azteca, Mexico City, 25 Juni 1986.

Dalam pertandingan ini, Argentina menang dua gol tanpa balas. Maradona memborong dua gol kemenangan Tango pada laga ini.

Yang menjadi gol pilihan FIFA adalah gol kedua Maradona, yang dicetaknya pada menit ke-63. Menerima umpan terobosan Mario Kempes, Maradona langsung melesat ke kotak penalti Belgia. Tanpa kesulitan, Maradona menaklukkan empat pemain bertahan Belgia dan melepas sepakan keras ke gawang Jean-Marie Pfaff.

5 dari 5 halaman

1986 Argentina vs Inggris

Argentina menghadapi Inggris pada Perempat Final Piala Dunia 1986. Pertandingan ini dihelat di Estadio Azteca, Mexico City, 22 Juni 1986.

Dalam pertandingan ini, Argentina menang 2-1 dari Inggris. Maradona memborong dua gol kemenangan Argentina. Sementara, gol semata wayang Inggris dicetak Gary Lineker.

Gol terbaik Maradona pilihan FIFA pada laga ini tentu bukan gol Tangan Tuhan yang ia cetak pada menit 51. Gol terpilih adalah gol kedua Maradona ke gawang Inggris.

Gol ini merupakan pameran kemampuan individu Maradona. Ia menari melewati Peter Beardsley, Peter Reid, Terry Butcher, dan Terry Fenwick. Kemudian, ia sukses mengecoh Peter Shilton dan menyorong bola ke gawang yang sudah kosong.

Maradona sendiri mengaku gol tersebut bukanlah sebuah kesengajaan. Mulanya, ia berencana mengoper bola kepada Jorge Valdano.

"Namun, ketika saya masuk pertahanan Inggris, mereka mengepung saya. Saya pun tak memiliki ruang. Jadi, saya meneruskan permainan dan menuntaskan peluang ini sendiri," ucapnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR