Hasil Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022: Ukraina Kandas, Wales Menuju Qatar

Yaumil Azis | 6 Juni 2022, 01:08
Selebrasi Gareth Bale setelah Wales mencetak gol pada laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Ukraina, Minggu (5/6/2022). (c) AP Photo
Selebrasi Gareth Bale setelah Wales mencetak gol pada laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Ukraina, Minggu (5/6/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Wakil terakhir benua Eropa untuk Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar akhir tahun ini akhirnya ketahuan. Wales dinyatakan lolos setelah mengalahkan Ukraina di Cardiff City Stadium, Minggu (5/6/2022) malam WIB dengan skor tipis 1-0.

Penentuan kelolosan jalur A babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seharusnya sudah ketahuan sejak bulan Maret lalu. Namun, proses play-off harus ditunda sementara karena serangan Rusia terhadap Ukraina.

Ukraina baru bisa memainkan pertandingan play-off pada bulan Kamis (2/6/2022) lalu, dan berhasil meraih kemenangan atas Skotlandia dengan skor 3-1. Berkat itu, mereka berhak lolos ke babak final untuk bertemu dengan Wales.

Pertandingan berlangsung sengit. Ukraina sejatinya tampil lebih dominan. Namun mereka harus menutup babak pertama dalam keadaan tertinggal, setelah Andriy Yarmolenko mencetak gol bunuh diri pada menit ke-34. Ia berusaha menghalau umpan tendangan bebas dari Gareth Bale, namun justru membuat bola bersarang di gawang sendiri.

Pada menit ke-40, terlihat indikasi adanya pelanggaran di kotak penalti Wales setelah Yarmolenko dijatuhkan Joe Allen. Namun wasit dan VAR memutuskan kalau kontak yang terjadi di antara kedua pemain bukan pelanggaran.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Ukraina coba mengejar ketertinggalannya di babak kedua. Pada menit ke-56, umpan silang Vitaliy Mykolenko disambut Viktor Tsygankov. Tembakannya dihentikan Wayne Hennessey, dan Roman Yaremchuk mencoba memanfaatkan bola muntah hasil tepisan. Sayang, ia gagal mengarahkan bola ke gawang.

Pada menit ke-65, Ruslan Malinovskiy mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang pemain Atalanta itu gagal menghasilkan gol karena bidikannya melebar dari sasaran.

Peluang ganda untuk Wales tercipta pada menit ke-76. Dimulai dari tembakan Brennan Johnson yang mengenai tiang, Gareth Bale menerjang bola muntah dan membidik gawang. Arahnya tepat, tapi bola bisa dihentikan oleh Georgi Bushchan.

Ukraina kembali dibuat gigit jari oleh Hennessey di menit ke-84. Artem Dovbyk hampir menyelamatkan wajah Ukraina dari kekalahan dengan tusukannya ke kotak penalti. Hennessey menghentikan percobaan mencetak gol itu.

Tambahan waktu enam menit tidak cukup untuk membantu Ukraina mencetak gol penyama kedudukan. Kedudukan 1-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, dan Wales pun dinyatakan sebagai pemenang di laga ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Wales (3-5-2): Wayne Hennessey; Ethan Ampadu, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Joe Allen, Daniel James (Brennan Johnson 71'), Neco Williams (Rhys Norrington-Davies 90'); Kieffer Moore, Gareth Bale (Harry Wilson 83').

Ukraine (4-1-4-1): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Taras Stepanenko (Serhiy Sydorchuk 70'); Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskyi (Mykola Shaparenko 70'), Viktor Tsygankov (Mykhailo Mudryk 77'); Roman Yaremchuk (Artem Dovbyk 77').

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR