Hasil Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil: Skor 1-1 (pen. 4-2)

Richard Andreas | 10 Desember 2022, 00:49
Hasil Piala Dunia 2022 Kroasia vs Brasil: Skor 1-1 (pen. 4-2)
Selebrasi Bruno Petkovic usai cetak gol di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Bola.net - Kroasia melewati drama adu penalti untuk menyingkirkan Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022, Education City Stadium, Jumat, 9 Desember 2022. Skor 0-0 selama 90 menit, berubah 1-1 setelah 120 menit, dan berakhir 4-2 untuk kemenangan Kroasia di babak adu penalti.

Sesuai prediksi, Brasil tampil jauh lebih dominan di pertandingan ini. Kroasia memilih bermain defensif, tapi bisa balas mengancam lewat serangan balik.

Meski banyak peluang tercipta, laga berakhir tanpa gol di 90 menit waktu normal. Lanjut ke babak tambahan, Neymar sempat membawa Brasil unggul (105+1'), tapi Kroasia bisa menyamakan kedudukan lewat aksi Bruno Petkovic (116').

Skor imbang 1-1 mengakhiri duel sengit selama 120 menit. Lanjut ke babak adu penalti, Dominik Livakovic kembali jadi pahlawan dengan menepis penalti pertama Rodrygo. Kroasia menang dengan skor 4-2.

Hasil ini memastikan Krosia jadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Yuk simak ulasan pertandingan selengkapnya, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Babak pertama

Vinicius Junior dikawal Juranovic di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Vinicius Junior dikawal Juranovic di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Pertandingan dimulai langsung dengan tempo tinggi. Brasil coba menguasai bola dan mengurung Kroasia, tapi hingga 10 menit berlalu belum ada peluang matang yang tercipta.

Kroasia tampak nyaman bermain menunggu dan menerapkan garis tekanan tinggi. Brasil sulit mengembangkan permainan. Duel di lini tengah dimenangi oleh pemain Kroasia. 20 menit pertandingan berlalu.

Memasuki menit ke-30, Brasil coba meningkatkan tempo serangan. Terlihat serangan-serangan Brasil fokus ke sisi kiri lapangan, mengandalkan Vinicius. Di sisi kanan, Raphinha hampir tidak pernah terlihat.

Meski terus diserang, pertahanan Kroasia tampak sangat tangguh. Juranovic bisa mengikuti pergerakan Vinicius dan duet Kovacic-Brozovic berhasil mengantongi Raphinha.

40 menit berlalu, Brasil beberapa kali mendapatkan setengah peluang, tapi tidak ada yang benar-benar berbahaya. Neymar dikawal ketat, Brasil harus mencari cara membongkar pertahanan lawan.

Kroasia sendiri sesekali mendapatkan kesempatan serangan balik, tapi tidak benar-benar mengancam. 45 menit habis. Skor 0-0 mengantar para pemain ke ruang ganti.

2 dari 5 halaman

Babak kedua

Duel antara Mateo Kovacic dan Richarlison di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Andre Penner

Duel antara Mateo Kovacic dan Richarlison di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Andre Penner

Pertandingan dilanjutkan kembali dengan tempo serupa. Brasil langsung mengurung tim lawan. Menit ke-47, Gvardiol hampir saja membuat gol bunuh diri untuk Kroasia.

Brasil benar-benar mendominasi, Kroasia dikurung di sepertiga akhir. Masalahnya, pola serangan Brasil masih sama, tidak ada elemen kejutan. Pertengahan babak kedua, Tite harus membuat pergantian pemain untuk mengubah permainan Brasil.

70 menit pertandingan berlalu, Brasil mulai membuat serangan-serangan berbahaya. Kroasia masih bisa bertahan, tapi mulai terlihat tidak begitu stabil, khususnya menghadapi aksi individu pemain Brasil.

Hingga menit ke-80, kedua tim belum juga menemukan celah. Laga terkunci di lini tengah. Serangan-serangan Brasil tampak berbahaya, tapi selalu bermasalah di final pass.

Memasuki 10 menit akhir, para pemain kedua tim mulai tampak kelelahan. Tembakan-tembakan pemain Brasil masih bisa dihentikan Livakovic dengan sangat baik. Laga terlihat akan berlanjut ke babak tambahan.

3 dari 5 halaman

Babak tambahan

Luka Modric ditekel Marquinhos di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Frank Augstein

Luka Modric ditekel Marquinhos di laga Kroasia vs Brasil, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Frank Augstein

Brasil menutup 90 menit dengan total 8 shots on target, Kroasia 0. Meski begitu, Selecao harus meningkatkan penyelesaian akhir mereka. Livakovic masih terlalu tangguh.

Tepat di menit ke-105, Neymar akhirnya memecah kebuntuan. Kombinasi apik dengan Paqueta tepat di dalam kotak penalti. Neymar berhasil melewati Livakovic dan menembak keras ke langit gawang. Gol! Kroasia 0-1 Brasil.

Kroasia langsung menaikkan tempo serangan di 15 menit kedua. Brasil sedikit mengubah gaya main untuk mempertahankan keunggulan. Serangan-serangan Kroasia masih mudah dipatahkan.

Menit ke-117, Kroasia menyamakan kedudukan. Serangan cepat dari sisi kiri, umpan Orsic disambut sepakan Petkovic tepat di depan kotak penalti. Bola sedikit berbelok karena tekel Marquinhos. Gol! Kroasia 1-1 Brasil.

Tidak ada gol tambahan. Skor 1-1 menutup duel 120 menit. Laga berlanjut ke babak adu penalti.

4 dari 5 halaman

Babak adu penalti

Vlasic gol! Kroasia 1-0 Brasil
Rodrygo gagal! Kroasia 1-0 Brasil
Majer gol! Kroasia 2-0 Brasil
Casemiro gol! Kroasia 2-1 Brasil
Modric gol! Kroasia 3-1 Brasil
Pedro gol! Kroasia 3-2 Brasil
Orsic gol! Kroasia 4-2 Brasil
Marquinhos gagal! Kroasia 4-2 Brasil

Kroasia memenangi babak adu penalti dengan skor 4-2. Brasil tersingkir, Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

5 dari 5 halaman

Susunan pemain

KROASIA XI (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa (110' Ante Budimir); Luka Modric, Marcelo Brozovic (114' Mislav Orsic), Mateo Kovacic (106' Lovro Majer); Mario Pasalic (72' Nikola Vlasic), Andrej Kramaric (72' Bruno Petkovic), Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic

BRASIL XI (4-2-3-1): Alisson; Eder Miltao (106' Alex Sandro), Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Paqueta (106' Fred), Casemiro; Raphinha (56' Antony), Neymar, Vinicius Junior (64' Rodrygo); Richarlison (84' Pedro).

Pelatih: Tite

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR