Hasil Piala Dunia 2022 Brasil vs Swiss: Skor 1-0

Richard Andreas | 29 November 2022, 00:57
Hasil Piala Dunia 2022 Brasil vs Swiss: Skor 1-0
Momen selebrasi Casemiro usai mencetak gol kemenangan Brasil atas Swiss di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Andre Penner

Bola.net - Brasil berhasil melewati perlawanan tangguh Swiss untuk melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Senin (28/11/2022), Selecao menundukkan Swiss dengan skor tipis 1-0 di Stadium 974.

Duel matchday 2 Grup G Piala Dunia 2022 ini berlangsung seru sesuai prediksi. Swiss tampil tangguh untuk mempersulit Brasil. Laga sempat terkunci 0-0 di 45 menit pertama.

Gol kemenangan Brasil kali ini baru tercipta di menit ke-83 lewat aksi tembakan voli Casemiro. Sisa waktu tidak cukup bagi Swiss untuk mencetak gol balasan.

Hasil ini memastikan posisi Brasil sebagai juara Grup G Piala Dunia 2022 dan jadi tim kedua yang melangkah ke babak 16 besar, menyusul Prancis. Yuk simak ulasan pertandingan selengkapnya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Babak pertama

Breel Embolo berduel dengan bek lawan di laga Brasil vs Swiss, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ariel Schalit

Breel Embolo berduel dengan bek lawan di laga Brasil vs Swiss, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ariel Schalit

Pertandingan dimulai. Brasil langsung mencoba mendominasi penguasaan bola. Swiss memilih bertahan dan menunggu kesempatan serangan balik. 10 menit pertama berlalu tanpa kejutan.

Tempo pertandingan berlangsung sedang untuk ukuran laga penting. Brasil membawa bola, tapi tidak banyak menciptakan peluang berbahaya. Hingga menit ke-20, permainan Swiss juga belum terbentuk.

Bola lebih banyak berputar di tengah. Serangan-serangan Brasil mudah dipatahkan. Menit ke-27 dan ke-31, Vinicius mendapatkan dua peluang beruntun, tapi sepakannya masih melenceng.

Swiss perlahan-lahan melihat celah dalam permainan Brasil yang terlalu terbuka. Beberapa serangan balik Swiss coba dimulai dari sisi sayap, tapi masih kurang efektif dalam final pass.

Raphinha jadi pemain Brasil yang paling sibuk di lini serang. Vinicius beberapa kali mendapatkan setengah peluang, tapi eksekusinya buruk. Skor 0-0 menutup 45 menit pertama.

2 dari 3 halaman

Babak kedua

Vinicius Junior dikawal pemain lawan di laga Brasil vs Swiss, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ariel Schalit

Vinicius Junior dikawal pemain lawan di laga Brasil vs Swiss, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ariel Schalit

Swiss hanya melepas satu percobaan tembakan di babak pertama. Embolo dkk. coba memulai babak kedua dengan lebih baik. Brasil masih dengan dominasi penguasaan bola yang sama.

Permainan terbuka Swiss membuat Brasil lebih bebas menyerang. Hingga menit ke-60, serangan-serangan sayap Brasil membuat Swiss harus menumpuk pemain di belakang.

Menit ke-64, Brasil sempat mencetak gol. Vinicius lolos dari kawalan di sisi kanan dan membawa bola ke kotak penalti sampai menjebol gawang Sommer. Sayangnya, gol dianulir karena Richarlison offside dalam proses kreasi serangan.

Meski dianulir, gol tersebut sedikit mengubah arah pertandingan. Swiss menyadari kesalahan mereka dan bermain lebih defensif. Brasil bermain lebih lepas, terus mencoba menekan lawan.

Menit ke-83, gol yang ditunggu-tunggu Brasil akhirnya tercipta. Umpan Vinicius dibelokkan Rodrygo, bola lantas melayang tepat di depan Casemiro yang menyambutnya dengan sepakan voli keras. Gol! Brasil 1-0 Swiss.

Swiss coba melawan di sisa laga, tapi Brasil mempertahankan keunggulan dengan baik. Tambahan waktu 6 menit tidak cukup untuk mencetak gol tambahan. Skor 1-0 untuk kemenangan Brasil.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

Yann Sommer berduel dengan Richarlison di laga Brasil vs Swiss, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Hassan Ammar

Yann Sommer berduel dengan Richarlison di laga Brasil vs Swiss, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Hassan Ammar

BRASIL (4-3-3): Alisson; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro (86' Alex Telles); Lucas Paqueta (46' Rodrygo), Casemiro, Fred (58' Bruno Guimaraes); Raphinha (73' Antony), Richarlison (73' Gabriel Jesus), Vinicius Junior.

Pelatih: Tite

SWISS (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer (86' Fabian Frei), Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Fabian Rieder (59' Renato Steffen), Djibril Sow (76' Michel Aebischer), Ruben Vargas (59' Edimilson Fernandes); Breel Embolo (76' Haris Seferovic).

Pelatih: Murat Yakin

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR