Harry Kane Bagus, tapi Inggris Gak Bisa Begini Terus

Richard Andreas | 13 Juni 2022, 05:30
Kapten Inggris, Harry Kane (c) AP Photo
Kapten Inggris, Harry Kane (c) AP Photo

Bola.net - Gareth Southgate menyuarakan kekhawatirannya soal lini serang Timnas Inggris. Menurutnya, saat ini Inggris terlalu bergantung pada sejumlah pemain dalam urusan mencetak gol.

Teranyar, Minggu (12/6/2022), Inggris bermain imbang 0-0 dengan Italia dalam duel lanjutan UEFA Nations League 2022/23. The Three Lions tampil lebih dominan, tapi tidak bisa memanfaatkannya untuk mencetak gol.

Dalam pertandingan itu, Inggris tampak kesulitan dalam urusan menciptakan peluang. Dan ketika akhirnya peluang tercipta, para penyerang tidak bisa memaksimalkannya dengan baik.

Southgate mengakui bahwa ada beberapa pemain yang lebih rajin mencetak gol di level klub dan sedikit kesulitan di timnas. Apa katanya?

1 dari 2 halaman

Kurang tajam

Inggris belum menang dalam tiga pertandingan terakhir di ajang UEFA Nations League. Mereka dua kali imbang, sekali kalah, dan hanya bisa mencetak gol dari penalti Harry Kane.

Kondisi tersebut menunjukkan adanya masalah dalam lini serang Inggris. Mereka terlalu bergantung pada Kane dan ketika Kane main buruk, tim tidak bisa mencetak gol.

Southgate menyadari masalah tersebut dan menegaskan bahwa timnya harus meningkatkan ketajaman jika ingin berkembang sebagai tim.

"Kami harus terus berupaya mengirim bola ke area-area berbahaya. Pada akhirnya, di area serangan tersebut, kualitas permainan kami bakal jadi faktor krusial," ujar Southgate di Sky Sports.

"Kami mengalami persoalan kurangnya ketajaman di area-area tersebut."

2 dari 2 halaman

Masalah tanpa Kane

Kontra Italia, Southgate coba mencadangkan Harry Kane dan memainkan Tammy Abraham sebagai starter. Rotasi semacam ini diperlukan, tapi jelas Inggris kesulitan tanpa Kane.

"Yang jadi kekhawatiran adalah jika kami tidak bisa memainkan dia [Kane], apa pun alasannya. Biar begitu, benar bahwa setiap tim bergantung pada pemain terbaik mereka," sambung Southgate.

"Contohnya Prancis yang kesulitan dan terpuruk kemarin, lalu Kylian Mbappe masuk dan melakukan sesuatu."

"Rekor gol kapten kami [Kane] fenomenal, tapi kami harus mulai membagi beban gol tersebut," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR