Gol Backheel vs Australia, Piala Dunia 2014, Gol Terakhir David Villa untuk La Furia Roja

Gia Yuda Pradana | 30 Juli 2022, 17:17
Mantan striker Spanyol, David Villa (c) Bola.net
Mantan striker Spanyol, David Villa (c) Bola.net

Bola.net - David Villa adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah memakai seragam Timnas Spanyol. Mantan pemain berjuluk El Guaje (The Kid) itu sangat identik dengan gol.

Total 59 gol dicetak oleh mantan pemain Sporting Gijon, Valencia, Barcelona, dan Atletico Madrid itu dalam 98 penampilannya untuk La Furia Roja. Sejauh ini, belum ada yang bisa menandinginya.

Gol terakhir, gol ke-59, diciptakan Villa di Piala Dunia 2014. Tim yang menjadi lawannya waktu itu adalah Australia. Villa mencetak gol itu dengan sebuah backheel yang brilian.

1 dari 4 halaman

Episode Pahit sang Juara Bertahan

Spanyol (c) AFP

Spanyol (c) AFP

Spanyol waktu itu datang dengan mengusung status sebagai juara bertahan. Namun, Piala Dunia itu menjadi episode pahit bagi La Furia Roja.

Spanyol gagal lolos dari penyisihan Grup B setelah kalah di dua laga pertama. Mereka Dibantai Belanda 1-5, kemudian dipecundangi Chile 0-2.

Laga terakhir melawan Australia di Arena da Baixada, Curitiba, Brasil, pada 23 Juni 2014, sudah tak berarti buat mereka. Belanda dan Chile sudah dipastikan finis dua besar.

Spanyol kala itu hanya membawa satu tekad: jangan sampai pulang tanpa angka.

2 dari 4 halaman

Menang 3-0, Finis Peringkat 3

Spanyol berhasil menghindari aib yang lebih memalukan. Australia mereka kalahkan 3-0 untuk finis peringkat tiga.

David Villa membuka keunggulan Spanyol di menit 36, kemudian Fernando Torres menggandakannya di menit 69. Juan Mata kemudian menegaskan kemenangan Spanyol dengan gol yang dia cetak di menit 82.

Spanyol finis dengan 3 poin, kalah bersaing dengan Belanda (9) dan Chile (6), sementara Australia finis di posisi terbawah dengan poin 0.

3 dari 4 halaman

Gol Indah David Villa

Gol indah kontra Australia itu adalah gol terakhir David Villa untuk Spanyol.

Gol itu tercipta diawali aksi Juanfran yang menyisir di sayap kanan. Dari crossing-nya ke mulut gawang, David Villa menuntaskan peluang emas itu dengan backheel shot untuk membuka keunggulan Spanyol atas Australia.

David Villa pensiun dari Timnas dengan torehan 59 gol dalam 98 penampilan. Sembilan di antaranya dia ciptakan di panggung Piala Dunia.

Sebelum Piala Dunia 2014, David Villa sejatinya telah mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari tim nasional setelah kejuaraan. Namun, dia kemudian sempat dipanggil sekali lagi ke skuad La Furia Roja untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Italia.

4 dari 4 halaman

Pencetak Gol Terbanyak Spanyol

David Villa masuk gantikan Isco saat melawan Italia (c) AFP

David Villa masuk gantikan Isco saat melawan Italia (c) AFP

59 - David Villa
44 - Raul
38 - Fernando Torres
35 - David Silva
29 - Fernando Hierro.

Hingga kini, David Villa masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk La Furia Roja. Hingga kini, belum ada pemain Spanyol lain yang sanggup menandingi ketajamannya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR