Gagal Menang Pada Laga Pertama Mereka, Tim-Tim Ini Sukses Juarai Piala Dunia

Serafin Unus Pasi | 22 November 2022, 22:34
Gagal Menang Pada Laga Pertama Mereka, Tim-Tim Ini Sukses Juarai Piala Dunia
Lionel Messi merayakan golnya di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Arab Saudi di Lusail Stadium, Selasa (22/11/2022) petang WIB. (c) AP Photo/Natacha Pisarenko

Bola.net - Argentina membuat kejutan pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. Tim Tango justru harus menelan kekalahan 1-2 dari Arab Saudi.

Kekalahan ini tergolong sangat mengejutkan. Pasalnya, di atas kertas, skuad Argentina jauh lebih diunggulkan ketimbang Arab Saudi.

Bahkan, Argentina digadang-gadang sebagai salah satu kandidat terkuat juara Piala Dunia 2022 Qatar. Gracenote Sport, lembaga di bawah Nielsen, menyebut Lionel Messi dan kawan-kawan memiliki peluang 18 persen untuk memenangi Piala Dunia 2022. Peluang mereka hanya kalah tipis dari Brasil, yang disebut memiliki peluang sebesar 20 persen.

Namun, secara matematis, kekalahan ini tak bisa disebut sebagai kiamat bagi Argentina. Sejarah membuktikan, ada sejumlah tim yang gagal meraih kemenangan pada laga perdana mereka, tapi bisa bangkit dan menjadi juara.

Siapa saja tim-tim tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Inggris 1966

Inggris juara Piala Dunia 1966 (c) AFP

Inggris juara Piala Dunia 1966 (c) AFP

Piala Dunia 1966 merupakan satu-satunya momen sejauh ini di mana Inggris sukses memenangi trofi lambang supremasi sepak bola dunia tersebut. Di partai final, The Three Lions meraih kemenangan 4-2 dari Jerman Barat.

Namun, siapa sangka, Inggris ternyata memulai turnamen ini dengan tak terlalu bagus. Berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia, mereka gagal memulai turnamen ini dengan baik. Bobby Charlton dan kawan-kawan harus rela ditahan imbang tanpa gol oleh Uruguay di Grup 1.

Setelahnya, Inggris bangkit. Usai mengalahkan Meksiko dengan skor 2-0, mereka pun mengalahkan Prancis dengan skor yang sama.

Berstatus sebagai juara Grup 1, Inggris kemudian bertemu dengan Argentina pada Babak Perempat Final. Pada laga yang dihelat di Wembley, Inggris menang 1-0 dan melaju ke Babak Semifinal. Gol Inggris dicetak Geoff Hurst.

Di semifinal, Inggris berhadapan dengan Portugal. Kali ini, mereka kembali berhasil menang dengan skor 2-1. Kali ini, dua gol Inggris diborong Bobby Charlton.

2 dari 3 halaman

Italia 1982

Fans Timnas Italia pada laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol yang digelar di Wembley (c) AP Photo

Fans Timnas Italia pada laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol yang digelar di Wembley (c) AP Photo

Sama seperti Inggris, Italia juga gagal memenangi laga pertama mereka di Piala Dunia. Gli Azzurri hanya mampu bermain imbang tanpa gol kala menghadapi Polandia, di Grup 1.

Namun, pada dua laga berikutnya, Italia juga hanya mampu bermain imbang. Mereka berturut-turut bermain imbang kala menghadapi Peru dan Kamerun. Keduanya dengan skor sama, 1-1. Dengan hasil ini, Italia hanya mampu lolos ke fase grup kedua dengan status runner-up Grup 1.

Di fase grup kedua, Italia tergabung di Grup C. Mereka tergabung bersama dua tim kuat Amerika Latin, Argentina dan Brasil.

Italia membuat kejutan dengan meraih dua kemenangan di fase grup tersebut. Usai mengalahkan Argentina dengan skor 2-1, mereka mengalahkan Brasil dengan skor 3-2.

Hasil ini membawa Italia lolos ke Semifinal untuk berhadapan dengan Polandia. Kali ini, Gli Azzurri berhasil menang dua gol tanpa balas untuk melaju ke partai puncak.

Di final, Italia bertemu dengan Jerman, yang sebelumnya menaklukkan Prancis. Dalam laga final yang dihelat di Santiago Bernabeu, Italia sukses mengalahkan Jerman dengan skor 3-1.

Tiga gol Italia dicetak Paolo Rossi, Marco Tardelli, dan Alessandro Altobelli. Sementara, gol semata wayang Jerman dicetak Paul Breitner.

3 dari 3 halaman

Spanyol 2010

Timnas Spanyol mengangkat trofi Piala Dunia pada gelaran Piala Dunia 2010 (c) FIFA

Timnas Spanyol mengangkat trofi Piala Dunia pada gelaran Piala Dunia 2010 (c) FIFA

Jika dua pendahulunya hanya bisa bermain imbang pada partai perdana mereka di Piala Dunia, nasib Spanyol justru lebih parah. Tim Matador harus menelan kekalahan pada laga perdana tersebut.

Tergabung di Grup H, Spanyol menghadapi Swiss pada laga perdana mereka. Hasilnya, mereka harus menelan kekalahan 0-1 melalui gol tunggal Gelson Fernandes.

Namun, Spanyol bangkit. Mereka kemudian meraih kemenangan kala menghadapi dua lawan tersisa, Honduras dan Chile. Keduanya dengan skor 2-0 dan 2-1.

Lolos sebagai juara grup, Spanyol menghadapi Portugal di Babak 16 Besar. Pada laga ini, mereka meraih kemenangan dengan skor 1-0. Gol tunggal Spanyol dicetak David Villa.

Di perempat final, Spanyol harus berhadapan dengan Paraguay. Lagi-lagi David Villa menjadi pahlawan bagi timnya. Gol tunggal eks penggawa Barcelona ini memastikan kemenangan 1-0 Spanyol pada laga tersebut.

Spanyol harus menghadapi Jerman di Semifinal. Namun, lagi-lagi mereka bisa meraih kemenangan 1-0. Kali ini, yang jadi pahlawan dengan gol tunggalnya adalah Carles Puyol.

Di partai puncak, Spanyol berhadapan dengan Belanda. Namun, lagi-lagi La Furia Roja sukses meraih kemenangan 1-0. Gol kemenangan Spanyol dicetak Andres Iniesta pada menit 116.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR