FNB Stadium, Saksi Kemenangan Timnas Spanyol di Piala Dunia 2010

Serafin Unus Pasi | 29 September 2022, 20:20
Timnas Spanyol mengangkat trofi Piala Dunia pada gelaran Piala Dunia 2010 (c) FIFA
Timnas Spanyol mengangkat trofi Piala Dunia pada gelaran Piala Dunia 2010 (c) FIFA

Bola.net - Soccer City Stadium atau lebih dikenal dengan nama First National Bank (FNB) Stadium, menjadi tempat babak final pada ajang Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Stadion yang berlokasi di pinggiran kota Johannesburg itu menjadi saksi Spanyol meraih trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Stadion yang juga menjadi tempat upacara pembukaan ini merupakan stadion terbesar ketiga di benua Afrika, yakni berkapasitas 94 ribu tempat duduk. Sebelumnya, stadion ini sudah dibangun sejak tahun 1987 dan didesain ulang dan diperluas pada tahun 2009.

Stadion baru didesain menyerupai calabash, kendi khas Afrika yang berasal dari kulit buah. Arsitek dari Boogertman & Partners juga sampai mengatur sedemikian rupa agar tak ada penonton yang berjarak lebih dari 100 meter dari lapangan, dan setiap kursi memiliki pandangan penuh ke segenap lapangan.

Hingga akhirnya, stadion yang menjadi kandangnya klub Afsel Kaizer Chiefs ini dinyatakan FIFA sudah siap dipergunakan untuk event kelas internasional termasuk laga final Piala Dunia 2010.

1 dari 3 halaman

Menjadi Saksi Spanyol Raih Trofi Piala Dunia Pertama

Babak final Piala Dunia 2010 mempertemukan duel sesama tim Eropa, yaitu timnas Spanyol vs timnas Belanda. Kedua tim mampu menyajikan pertarungan sengit. Spanyol mengusung tiki-taka, sedangkan Belanda mengimbangi dengan permainan pragmatis nan keras.

Kedudukan imbang tanpa gol berlangsung sepanjang waktu normal memaksa wasit melanjutkan pertandingan ke babak ekstra 2x15 menit. Di sinilah gol yang dinanti itu lahir, tepatnya empat menit sebelum berlanjut ke adu penalti.

Gelandang Spanyol, Andres Iniesta, sukses menceploskan bola ke gawang Maarten Stekelenburg usai menerima umpan matang dari Cesc Fabregas. Keunggulan 1-0 untuk kemenangan Spanyol bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Sontak para pemain langsung merayakan kesuksesan mereka dan La Furia Roja berhasil meraih trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya.

2 dari 3 halaman

Stadion Multifungsi

Meski dibangun sebagai venue olahraga sepakbola, stadion FNB bisa dibilang sebagai stadion multifungsi. Karena stadion ini bisa digunakan untuk menggelar event olahraga lain.

Salah satu event yang paling sering digelar adalah event atletik. Karena stadion ini memiliki track lari di pinggir lapangan yang bisa digunakan untuk kejuaraan.

Selain itu stadion ini juga pernah menjadi venue untuk Piala Dunia Rugby.

3 dari 3 halaman

Sempat Terjadi Insiden Kericuhan

Dua orang tewas dan beberapa lainnya terluka akibat himpitan dan desakan penonton terjadi di FNB Stadium, saat laga derby antara Orlando Pirates vs Kaizer Chiefs di Liga Afrika Selatan. Usai kejadian, Jacques Grobbelaar, CEO Manajemen Stadion Afrika Selatan, mengadakan konfrensi pers untuk meminta maaf atas terjadinya insiden tersebut.

"Kami ingin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan semua orang yang terkena dampak insiden tersebut, Ini sangat disayangkan karena keamanan (stadion) sebenarnya sudah solid untuk memastikan bahwa ini adalah acara bebas risiko." ujarnya.

Musibah tersebut berada di salah satu gerbang stadion yang sempat digunakan sebagai tuan rumah final Piala Dunia 2010. Dilansir dari laman The Sun, keributan berlangsung saat sejumlah orang mencoba menjual tiket palsu di gerbang stadion.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR